Rumput tetangga kerap kali terlihat lebih hijau dibandingkan dengan rumput di rumah sendiri. Mungkin kamu juga pernah merasakan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu pun merasa iri dengan keberhasilan orang lain, termasuk keberhasilan hubungan percintaan orang lain.

Kalau sudah begini, sebaiknya kamu segera mencari cara untuk menghentikan sikap ini agar tidak lagi menyakiti diri sendiri.

1. Fokus pada dirimu sendiri

Tidak peduli hubungan apa yang saat ini sedang kamu jalani, fokuslah pada dirimu sendiri. Bahkan jika hubungan yang sedang kamu jalani sedang dalam kondisi yang buruk. Hal terpenting yang perlu kamu tekankan adalah kamu menjalani hidupmu, bukan hidup orang lain, maka fokuslah pada hidupmu dan bukan hidup orang lain. Percuma kamu memikirkan hubungan orang lain karena secapek apapun kamu memikirkannya, hidup mereka tidak akan pernah jadi hidupmu.

2. Ingat bahwa setiap orang punya perbedaan nasib

Boleh jadi sahabatmu sekarang sedang lamaran, teman sekantormu sudah diberi momongan dan mereka berbahagia dengan kehidupannya. Akan tetapi bukan berarti kamu juga tidak bisa berbahagia. Mereka mempunyai jalan hidupnya masing-masing dengan kebahagiaannya masing-masing.

Bisa jadi yang kamu lihat itu hanya permukaannya saja. Kamu hanya tahu betapa bahagianya mereka tanpa tahu bahwa mereka juga berjuang keras untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut. Semua orang punya nasibnya masing-masing. Semua orang punya waktu terbaiknya masing-masing.

3. Jauhi social media

Social media bisa jadi penyebab terbesar kenapa kamu merasa iri dengan kebahagiaan orang lain. Hal ini dikarenakan social media menyediakan informasi yang mudah diakses mengenai kebahagiaan orang lain. Tentu saja apa yang diunggah orang lain di dalam social medianya adalah suatu hal yang membahagiakan, dan bukan sebaliknya.

Melihat banyaknya kebahagiaan di social media membuatmu membandingkan kehidupan mereka dengan kehidupanmu. Pada akhirnya kamu merasa iri dengan kehidupan mereka dan tidak lagi berbahagia dengan hidupmu sendiri.

4. Berbahagialah atas kebahagiaan orang lain

Daripada merasa iri atas kebahagiaan orang lain, lebih baik kamu ikut berbahagia atas kebahagiaan yang mereka dapatkan. Memelihara perasaan iri itu tidak sehat dan hanya akan menyakiti diri sendiri. Berbeda jika kamu berbahagia atas kebahagiaan orang lain. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur dan Tuhan akan memberikan kebahagiaan yang lebih bagimu kelak.

5. Belajar dari kebahagiaan mereka

 

Perasaan iri hanya menguras emosi. Sebaiknya kamu belajar dari kisah-kisah bahagia orang-orang yang membuatmu iri. Apa sih yang membuat mereka berhasil hingga sebahagia sekarang. Apa pula yang membuat mereka tidak berbahagia. Dengan belajar dan mencoba mengambil hikmah darinya, kamu bisa mendapatkan pelajaran hidup yang berharga.

Nah, mulai sekarang tidak perlu lagi merasa iri dengan kebahagiaan orang lain karena setiap orang punya kebahagiaannya sendiri. Jika tidak sekarang pastilah nanti, di waktu yang tepat. Tuhan lebih tahu kapan waktu yang tepat dan terbaik untukmu. Kamu hanya perlu bersabar dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga Sulit Bahagia ? Mungkin Inilah Sebabnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mau Tahu Seperti Apa Pasangan Kamu Kedepannya Setelah Berumah Tangga? Apakah Bisa Menjadi Seorang Kepala Keluarga Yang Baik?

Sebuah hubungan tentu tak akan pernah selalu lurus