1liv

Seseorang yang menjaga kesehatan tubuh, pasti memperhatikan kesehatan organ-organ tubuh. Seperti otak, jantung, paru-paru, hingga hati. Hati merupakan bagian organ yang memiliki peran penting bagi tubuh untuk mengurangi masalah pencernaan. Selain itu, hati juga membantu tubuh dalam mengatur kadar gula darah. Jika hati tidak dalam keadaan sehat, tubuh akan mudah terserang penyakit seperti radang sendi, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Parahnya, seseorang yang hatinya sudah tidak sehat, bisa mudah terserang depresi.

Agar kondisi hatimu selalu sehat, cobalah untuk memperhatikan asupan nutrisi pada makanan yang dibutuhkan hati setiap hari. Berikut daftar makanan yang dapat kamu masukkan ke dalam menu makananmu sehari-hari agar hatimu tetap selalu sehat:

Air

Air berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh dan mampu membantu memaksimalkan fungsi sistem pencernaan tubuh. Air sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, air juga mampu menyehatkan dan mempercantik kulitmu. Di lain sisi, rutin minum air juga akan menyehatkan ginjalmu sehingga tubuh lebih mudah menerima sinyal ketika sedang mengalami dehidrasi.

Apel

Senyawa fenolik yang terkandung dalam buah apel mampu melawan penyakit peradangan. Senyawa ini juga dapat ditemukan di buah berry. Selain mengandung fenolik, buah apel juga mengandung pektin yang berfungsi untuk membuang tumpukan racun dalam tubuhmu.

Telur

Selain kaya akan protein, telur juga mengandung nutrisi kolin dan kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi kolin yang ditemukan di kuning telur ini sendiri berfungsi untuk membantu metabolism tubuh sehingga prosesnya semakin cepat. Untuk hati, zat ini berfungsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan hati.  Sehingga hati tidak mengalami gangguan ketika sedang proses detoksifikasi.

Sayuran Kubis

Mengonsumsi sayuran kubis setiap hari akan membantumu mencegah pembentukan zat karsinogen atau zat pemicu kanker di sistem pencernaan.  Karena kaya akan beberapa zat seperti karotenoid, indoles, dan sulforaphane sehingga hati dapat secara maksimal menetralisir bahan kimia, obat-obatan, karsinogen, dan lain sebagainya.

Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi dipercaya dapat menyehatkan dan menjaga kesehatan hati serta mampu membantu sistem pencernaan lainnya bekerja karena adanya bakteri sehat seperti lactobactilli, dan lain sebagainya. Kamu dapat menikmati miso, yakni makanan sup dari Jepang pas menjadi santapanmu beberapa hari seminggu secara rutin agar dapat menyehatkan hati.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan