Jamur tidak hanya dapat hidup di tanah, jamur dapat hidup dimana saja seperti kayu, di dinding bahkan kulit manusia. Seperti mikroba, jamur ada yang baik dalam arti menguntungkan manusia namun ada juga yang dapat merugikan manusia. Jamur yang tumbuh pada kulit manusia merupakan jenis jamur yang merugikan manusia. Bentuk jamur kulit yang dimaksud di sini bukan seperti jamur yang biasa kamu makan ya!

Kulit yang mulus merupakan dambaan setiap orang, namun jika tiba-tiba kulit terasa gatal maka berhati-hatilah bisa saja hal tersebut disebabkan oleh jamur. Jamur kulit bisa menyerang siapa saja, bahkan ketika kamu berusaha menghilangkannya jamur kulit bisa datang lagi. Ada banyak jenis jamur yang dapat menyerang kulit kamu. Berikut ini adalah macam-macam jamur yang sering menyerang kulit manusia.

1. Athlete’s foot

Athlete’s foot atau kaki atlet juga biasa dikenal dengan nama ilmiah tinea pedis. Jamur jenis ini sering menyerang tubuh manusia di bagian kaki. Sesuai dengan namanya, orang yang paling sering terkena jamur ini yaitu para atlet akan tetapi siapa saja tetap bisa terkena jamur kaki atlet. Jamur kaki atlet biasa tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab, seperti kaus kaki dan sepatu, peralatan olahraga, dan ruang ganti. Jamur jenis ini sering dditemui pada negara yang beriklim hangat. Jangan sekali-kali kamu meremehkan jamur ini karena jamur kaki atlet dapat menyebabkan kulit kamu gatal, bersisik, perih, bahkan melepuh.

2. Jock itch

Jock itch atau yang sering disebut dengan tinea crusis merupakan jamur yang sering tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembap dan tumbuh subur di area tubuh yang lembap, seperti selangkangan, bokong, dan paha bagian dalam. Jamur jenis ini biasa menyerang saat musim panas. Jock itch dapat menular melalui kontak fisik secara langsung atau melalui benda-benda yang membawa jamur. Kulit yang terinfeksi jamur jock itch akan terlihat ruam, kemerahan, berbentuk lingkaran dan kulit kering pada tepi lingkaran mengelupas.

3. Ringworm

Di Indonesia, ringworm atau yang memiliki nama ilmiah tinia corporis sering disebut dengan kurap. Kurap merupakan infeksi jamur yang hidup pada jaringan mati, seperti kulit, rambut, dan kuku. Kurap merupakan jamur yang menyebabkan athelete’s foot pada kaki, akan tetapi jika menginfeksi bagian tubuh lainnya hanya disebut dengan kurap.

Kurap merupakan jamur yang paling mudah diketahui karena bentuknya yang khas. Kulit yang terinfeksi jamur ini akan muncul gatal kemerahan berbentuk cincin, dan kulit di sekitar jamur akan mengelupas. Kurap merupakan jamur yang paling mudah ditularkan. Jamur ini dapat menular melalui kontak fisik secara langsung, hewan peliharaan, tahan dan lumpur. Jamur ini juga mampu bertahan lama di handuk yang kamu gunakan untuk mandi.

4. Yeast infection

Yeast infection biasa menyerang wanita pada bagian vagina. Hal tersebut disebut juga dengan vaginal yeast infection. Vaginal yeast infection adalah bentuk umum dari pertumbuhan candida albicans. Pertumbuhan candida yang berlebihan mengganggu keseimbangan bakteri dan ragi di vagina. Kondisi ini juga dapat dipicu jika kamu mengkonsumsi antibiotik, stress dan pola makan yang tidak sehat.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/5-manfaat-menarik-dari-jamur/

http://www.tampilcantik.com/atasi-masalah-jamur-di-area-kewanitaan-dengan-cara-ini/

http://www.tampilcantik.com/bagaimana-cara-mencegah-kuku-berjamur/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rutin Stretching Selama 8 Menit Bisa Mengubah Hidup Kamu

Apakah kamu malas berolahraga? Suka atau tidak suka,