Memiliki kulit wajah yang minim masalah dan sehat pastinya adalah yang diharapkan oleh semua wanita. Namun, tidak semua wanita punya jenis kulit yang sedemikian bagusnya. Justru kebanyakan wanita punya kulit wajah yang cenderung bermasalah. Salah satu masalah yang sangat umum dialami wanita yakni kulit wajah yang mengelupas. Ketika kamu mengalami hal ini, pastinya menyebalkan sekali bukan?

 

Sebetulnya kulit wajah yang mengelupas merupakan proses yang normal untuk terjadi. Sebab musabab umumnya adalah sinar matahari, tapi bisa juga karena zat yang bisa merusak dan juga mengiritasi kulitmu. Pengelupasan biasanya dibarengi dengan kondisi kulit yang kering. Pastinya kamu panik banget dong ketika ini terjadi. Aduh, gimana cara menyembuhkannya ya?

 

Cek dan ricek skincare wajah yang kamu pakai

Mempercepat Rutinitas Makeup

Untuk mengetahui sebab dari pengelupasan yang terjadi di kulit wajah kamu, maka ada baiknya kamu cek dan ricek dulu apa yang biasa kamu pakai. Mungkin ada produk skincare baru yang kamu pakai sehingga tidak cocok. Mulailah dari cek pembersih wajah yang kamu kenakan. Umumnya sabun pembersih wajah mengandung alkohol, pewangi hingga bahan lainnya yang (mungkin) kurang cocok untuk kulit. Jika memang demikian, maka hentikan segera produk yang kamu pikir menjadikan kulit sensitif dan mengelupas tersebut. Selanjutnya, kamu tinggal ganti dengan produk yang lebih lembut dan cocok di wajahmu.

 

Hindari memakai kosmetik sementara

Selain produk skincare, kosmetik juga bisa saja menjadi alasan mengapa kulit wajahmu mengalami pengelupasan. Jika memang tidak cocok, maka hentikan segera pemakaiannya. Namun, kadang permasalahan masih pada skincare. Ini bukan berarti kamu masih tetap boleh pakai kosmetik lho. Ada baiknya kamu libur dulu dalam menggunakan kosmetik. Setidaknya kamu harus menghentikan menggunakan kosmetik setidaknya 1 minggu sehingga kulit benar-bemar bersih dari bahan kimia tertentu dan kulit bisa beristirahat. Dengan cara ini, maka kulit akan bisa mendapat waktu untuk istirahat dan meregenerasi sel kulit yang baru.

 

Lakukan eksfoliasi kulit

Jika kamu menemukan pengelupasan di kulit wajah, maka pastikan untuk segera melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi ini dilakukan untuk singkirkan sel kulit mati menumpuk. Umumnya kulit kering dan mengelupas disebabkan karena tumpukan dari sel kulit mati. Nah, jika kamu khawatir ketika akan menggunakan produk eksfoliasi tertentu, maka kamu bisa kok menggunakan bahan alami. Buat scrub dari gula halus ataupun baking soda sehingga bisa membantu dalam mengangkat sel kulit mati. Lakukan dengan pelan-pelan dan digosok lembut.

 

Memakai masker wajah

Jika semua sudah kamu lakukan, maka jangan lupa juga untuk menggunakan masker wajah. Dibanding masker instan yang kamu beli di pasaran, disarankan untuk memilih bahan alami dulu ketika wajah sedang dalam kondisi mengelupas. Hal ini demi meminimalisir bahan kimia dan pewangi yang bisa menyentuh kulitmu yang sedang sensitif. Dalam kondisi ini, masker madu, oatmeal, lidah buaya, minyak zaitun atau masker buah lainnya sangat direkomendasikan. Namun, hindari masker yang mengandung asam tinggi misalnya tomat atau jeruk nipis karena justru bisa menjadikan wajah kian iritasi.

 

Baca Juga :

Masalah Kulit Kering Memang Bikin Bete! Yuk Pelajari Cara Perawatan Yang Aman

Siapa yang Mau Memiliki Kulit Kering? Pasti Gak Ada Kan? Makanya Coba Tambahkan Air Mawar Dalam Perawatan Kecantikan Kamu

Efektif, Cepat, dan Terbaik ! Yuk Gunakan Cara Ini untuk Membasmi Kulit Kering Dari Wajah Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Trik Memencet Komedo Di Rumah Dengan Benar Berdasar Saran Dermatologist

Wajah mulus nan bersih pastinya jadi idaman untuk