0058470female-bohong780x390

Dalam kehidupan sosial, pertemanan atau karier, kamu pasti pernah menemui seseorang yang mencoba untuk membohongimu atau sering membohongimu. Orang yang suka berbohong terkadang membuat kita kerepotan karena ulahnya, jika kita bisa langsung mengenali dan mengetahui kebohongannya mungkin kita bisa terhindar dari masalah yang akan tercipta.

Namun sayangnya mengenali seorang pembohong merupakan salah satu hal yang sulit dan jika kamu mempercayai orang tersebut mentah-mentah bisa berakibat buruk pada kehidupan kamu. Salah seorang peneliti dan kandidat doktor psikologi di Northwestern University, Xiaoqing Hu, baru saja menyelasikan penelitiannya mengenai pembohong. Nah berikut ini 4 tanda bahwa dia seorang pembohong seperti yang di kutip dari female.kompas.com.

1. Respons yang lama

Dalam penelitiannya, Hu menemukan bahwa pembohong membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjawab karena harus bepikir terlebih dahulu.

Perhatikan berapa lama waktu yang dia butuhkan untuk menjawab pertanyaan kamu. Jika responsnya lebih lambat dari biasanya, bisa jadi orang tersebut sedang berbohong.

2. Jangan menilai dari gerak-geriknya

Banyak orang yang mencurigai gerak-gerik yang tidak umum, seperti tidak berani melihat mata lawan bicara atau menggaruk-garuk.

Namun, menurut Hu, hal ini tidak benar. “Apa yang dia katakan lebih penting daripada gerak-geriknya ketika bercerita,” ucapnya.

3. Cerita dia tidak mendetail

Berbohong adalah tugas yang berat bagi otak kamu, apalagi bila harus mengimajinasikan detailnya.

Hu berkata bahwa radar kamu seharusnya bisa mendeteksi kebohongan bila cerita yang didengar tidak masuk akal atau memiliki detail yang lebih sedikit daripada cerita lainnya yang memang benar terjadi.

4. Sikap mereka tiba-tiba berubah

Hu mengingatkan kamu untuk tidak menilai kejujuran seseorang dari ekspresinya, melainkan dari sikapnya secara umum.

Sebab, bukan berarti seseorang yang tidak tersenyum ketika bercerita adalah pembohong.

Namun, bila orang tersebut tiba-tiba marah atau merasa tidak nyaman ketika ditanyai, perubahan emosi tersebut bisa jadi tanda kebohongan.

Baca juga Memang Menyakitkan, Namun Lebih Baik Akhiri Saja Hubunganmu Jika Sudah Terlihat 4 Tanda Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kesalahan Makeup yang Bikin Kamu Jadi Berjerawat

Mengalami jerawat saat masih anak-anak adalah sebuah hal