alergi

Kosmetik adalah hal yang tidak bisa lepas dari seorang wanita. Oleh karena itu seorang wanita menjadi terbiasa menggunakannya dan tidak bisa lepas dari make up. Dan pastinya kamu pernah mengalami punya kosmetik yang sudah dibeli dan sulit dilepaskan. Mungkin karena produk tersebut favorit, kesayangan, ataupun warnanya sangat cocok dengan kulit kita. Jadi membuat kamu menyimpannya terlalu lama. Sebenarnya sama seperti makanan dan bahan lainnya, make up juga mempunyai masa kadaluarsa. Jadi kamu juga harus hati-hati dalam penyimpanannya, jangan menyimpannya terlalu lama. Karena jika kamu sampai menggunakan produk kosmetik yang telah kadaluarsa, akan berdampak buruk untuk kulit kamu. Biasanya tanggal kadaluarsa sudah tertera dalam kemasan. Tetapi kamu juga bisa mengetahuinya lewat tanda –tanda dari kosmetik, yaitu :

  1. Warna Tidak Pekat

Makeup-Brush2

Kosmetik pasti mempunyai warna pokok, jika warna kosmetik kamu sudah berubah dan tidak pekat lagi berarti kamu harus menggantinya dengan yang baru. Karena jika memakai warna yang tidak pekat, kamu harus sering-sering mengaplikasikan ulang make up. Untuk memperpanjang umur make up, kamu juga bisa menyimpannya di tempat yang mempunyai suhu normal.

  1. Beraroma Tidak Sedap

cara-mengatasi-bau-mulut

Jenis make up yang kamu gunakan biasanya mempunyai aroma atau wangi khusus, apalagi lipstik biasanya mempunyai bau yang wangi saat dipakai. Tetapi jika kamu sudah merasakan lipstik ataupun make up kamu yang lainnya baunya aneh, maka sebaiknya jangan gunakan make up tersebut. Untuk melakukan ini kamu tidak perlu mempunyai keahlian khusus, karena hal ini bisa dirasakan oleh orang awam sekalipun. Kalau sudah menimbulkan bau yang tidak sedap pasti kamu tidak bisaa sayang lagi kan untuk membuangnya.

  1. Teksturnya Berubah

07-11-easy-ways-to-winter-proof-you-make-up-mascara

Produk make up yang paling terlihat saat teksturnya berubah adalah mascara. Jika mascara yang kamu gunakan adalah mascara cair, tetapi sekarang bentuknya menjadi gumpalan, berarti itu adalah tanda kosmetik kamu harus diganti dengan yang baru. Karena mascara yang menggumpal disebabkan oleh udara yang masuk saat kamu membuka maskara. Alhasil udara yang masuk tersebut membawa bakteri, dan akhirnya bakteri menumpuk di dalam. Jadi jangan pernah membiarkan make up kamu terbuka terlalu lama apalagi jika tidak dipakai, karena hal tersebut hanya akan mengundang bakteri. Contoh lain jika produk sudah berubah tekstur adalah lipstik dan blus on yang mempunyai bintik-bintik kecil.

  1. Menimbulkan Iritasi

iritasi-pada-kulit-memakai-makeup

Tanda terakhir yang membuat kamu wajib untuk mengganti make up adalah jika setelah diaplikasikan, membuat wajah kamu iritasi. Karena biasanya banyak orang yang tidak mengetahui tanda-tanda make up yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Sehingga mereka langsung mengaplikasikan make up ke wajah. Hasilnya malah menimbulkan bintik-bintik merah dan iritasi pada kulit. Untuk mencegah hal sepertio ini, pertama kamu bisa mengoleskan make up di bawah rahang, jika terasa gatal dan merah, berarti jangan gunakan make up itu lagi.

Baca juga Benar atau Salah? Mitos tentang Makeup dan Kosmetik yang Perlu Kamu Ketahui

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Makeup Kamu Terlihat Buruk, Jadi Hati-hati Yaa

Saat kamu menerapkan makeup, ada beberapa kesalahan yang