13

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang tak jarang menuntut banyak waktumu dari siang sampai sore, kamu pasti menginginkan penyelesaian pekerjaan atau aktivitas tersebut sempurna dan tidak ada halangan yang berarti. Namun, bagaimana jadinya jika kamu belum menata pola tidurmu dengan baik dan cuek terhadap kualitas tidurmu. Padahal, kelancaran dan keluwesan dalam beraktivitas atau bekerja seharian sangat dipengaruhi oleh kualitas tidurmu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh pola tidur yang baik.

Perbanyak Tidur Siang

Produksi hormon melatonin yang membantu orang tidur paling optimal di antara jam 13.00-15.00. Sebab itu, banyak orang merasa mengantuk di jam tersebut. Jika kamu merasa kekurangan tidur di malam hari, kamu bisa mengambil tidur siang singkat sekitar 15 menit. Tidur siang yang singkat ini juga akan memberikan efek waspada yang cukup hingga akhirnya tidur kembali di malam hari.

Stop Minum Kafein

Jika kamu pecinta berat kopi, memang kafein membuat matamu melek dalam durasi 6 jam, namun butuh dibersihkan oleh tubuh sekitar sehari atau 24 jam.. Ketika seseorang mengkonsumsi kafein (entah dari kopi maupun teh) di atas jam 12.00, masih 50 persen sisanya berada di dalam tubuh ketika mau tidur. Ketika terbiasa menenggak minuman berkafein setelah jam 12.00, akan muncul siklus yang membuat sulit masuk ke fase tidur deep sleep.

Rileks Sebelum Tidur

Biasakan tubuhmu tenang dan rileks saat hendak pergi tidur. Jika perlu, cari sesuatu yang bisa membantu masa transisi rileks sebelum tidur, seperti menggunakan minyak esensial.

Jauh dari Perangkat Elektronik

Jika kamu meletakkan ponselmu di dekatmu saat tidur, gelombang pendek sinar biru yang dihasilkannya akan menghambat produksi melatonin yang dibutuhkan untuk membantu tidur. Untuk membantu transisi ke siklus tidur, penggunaan perangkat elektronik sebaiknya kamu membatasi penggunaan alat elektronik

Jangan Tebus Tidur di Hari Libur

Jika kamu menebus tidur pada hari libur atau di akhir pecan karena kurang tidur di hari kerja hanya akan merusak siklus tidurmu, Hal ini membuatmu sulit bangun di Senin pagi dan hanya akan membuatmu kembali memperbarui ritme sirkadianmu.

Terbiasa Bangun di Jam Sama

Kamu memerlukan kondistensi untuk bangun tidur di waktu yang sama setiap harinya, hal tersebut akan menjadi kunci untuk tidur berkualitas. Bangun di waktu sama setiap hari akan membangun ritme sirkadian atau yang biasa disebut siklus tidur. Dengan begitu, tubuh akan terlatih bangun di waktu sama.

Baca juga Cara Ampuh Tetap Fit dengan Jam Tidur yang Kurang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Manfaat Menguntungkan dari Mangga yang Wajib Kamu Tahu

Bila Anda menikmati mangga yang lezat dan segar