Wanita selalu ingin memberikan penampilan terbaiknya. Oleh karena itu segala cara dilakukan oleh setiap wanita untuk merawat dan mempercantik diri. Biasanya dengan melakukan skin care routine pagi dan malam, juga make up ketika akan bepergian. Semua itu dilakukan agar tampil menarik dan lebih percaya diri.

Beberapa wanita merasa tidak percaya diri jika penampilannya tidak maksimal salah satunya dengan munculnya jerawat di wajah mereka. Mencoba menutupinya dengan make up tentu tidak menyelesaikan masalah dalam kurung waktu yang lama, karena make up hanya dipakai sesaat. Bahkan banyak jerawat yang tidak bisa ditutupi oleh make up sekalipun. Maka dari itu penting untuk mencegah munculnya jerawat untuk menjaga penampilan.

Jika ingin melakukan pencegahan, tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu sebab-sebab jerawat bisa bermunculan karena jika tidak diketahui penyebabnya, jerawat itu akan terus bermunculan kembali.

Berikut beberapa penyebab munculnya jerawat yang dapat membantu anda untuk mencegahnya:

1. Minyak Berlebih

Kelenjar minyak mengeluarkan zat atau sebum untuk menjaga kulit kita dari kekeringan. Tetapi, jika kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak minyak dapat memicu timbulnya jerawat karena bisa lebih mudah membuat kulit kita kotor. Oleh karena itu jika anda memiliki masalah ini ada baiknya melakukan cuci muka 4 menit dengan milk atau oil cleanser, 2 menit untuk face wash, 2 menit dibilas dengan air hangat untuk lebih membersihkan dan 2 menit kemudian dibilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Selain itu, gunakan produk kecantikan untuk kulit berminyak yang tidak memicu untuk mengeluarkan minyak berlebih. Kemudian gunakan make up yang dapat mencegah atau tahan terhadap produksi minyak berlebih.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon terutama pada remaja, masa menjelang menstruasi atau tiga bulan pertama masa kehamilan memang sangat rentan dan wajar jika jerawat bermunculan. Hal ini dapat dicegah dengan mencuci muka yang rutin dan bersih, makan makanan yang sehat dan tidak berminyak, dan memperbanyak minum air putih.

3. Bakteri

Bakteri yang membuat wajah kotor juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Sebab, bakteri dapat terus berkembang dan menyumbat folikel rambut. Lebih parahnya lagi jika folikel rambut tersumbat bukan hanya oleh bakteri, tetapi juga sel kulit mati dan sebum. Selain melakukan cuci mukaselama 10 menit seperti yang dijelaskan di nomor satu, sentuhan dengan benda yang kotor juga harus dihindari. Oleh karena itu, pastikan kerudung, masker, alat make up atau benda lainnya yang bersentuhan dengan kulit wajah secara langsung harus bersih. Mengganti seprei kasur dan bantal juga harus dilakukan untuk mencegah banyaknya bakteri yang menempel di wajah.

4. Stress

Sebenarnya stress tidak menyebabkan munculnya jerawat secara langsung, akan tetapi stress dapat memperburuk kondisi kulit anda apalagi jika sudah berjerawat. Jerawat akan lebih meradang dan sulit untuk dihilangkan jika kondisi anda sedang stress. Maka dari itu dibutuhkan relaksasi dan refreshing agar anda tidak terlalu stress sehingga jerawat akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan agar jerawat tidak bermunculan dan bisa menjaga penampilan anda.

Baca Juga Kulit Berminyak dan Jerawat? Komplit Sudah Penderitaan Kamu. Makanya Segera Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rambut Kamu Sering Kering Dan Kusut? Ini Dia Tips Alami Yang Dapat Membuat Rambut Kamu Sehat, Lembut Dan Indah

Selain wajah, rambut juga menjadi salah satu anggota