Ketika selesai makan dan tubuh dalam keadaan kenyang pasti kita akan mengantuk, jika sudah seperti ini godaan tidur sangat kuat, padahal tidur setelah makan itu sangat tidak disarankan karena berbahaya bagi kesehatan.

Tidur setelah makan itu selain membuat tubuh semakin gemuk, ada beberapa dampak negatif lain yang bisa muncul jika kamu tidur setelah makan, dampak negatif langsung tidur setelah makan meliputi heartburn, acid reflux (Gastroesophageal Reflux Disease),hingga stroke.

Memang cukup berisiko jika kita langsung tidur begitu baru selesai makan. Perlu waktu dua hingga tiga jam agar makanan kita tercerna dengan baik. Tapi ternyata tak hanya tidur saja yang tidak boleh dilakukan setelah makan. Masih banyak kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan jika kamu ingin kesehatanmu terjaga, nah berikut ini beberapa aktifitas yang tidak boleh dilakukan setelah makan seperti yang dikutip dari vemale.com.

  • Merokok

    Merokok jelas mengganggu kesehatan. Dan merokok setelah makan dampaknya bisa lebih buruk. Penelitian menyebutkan bahwa merokok satu batang rokok setelah makan itu risikonya sama seperti merokok sepuluh batang rokok pada saat tidak selesai makan. Jadi risiko terkena penyakit kanker lebih besar.

  • Mandi

    Mandi setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Mandi bisa menyebabkan meningkatkan aliran darah di tubuh, tangan, dan kaki yang bisa mengganggu proses pencernaan makan dan menyebabkan gangguan cerna. Kalau mau mandi, setidaknya beri jeda 40 menit setelah selesai makan.

  • Makan Buah

    Buah-buahan sangat mudah dicerna oleh tubuh. Jadi sebaiknya dikonsumsi sejam atau dua jam sebelum makan. Kalau makan buah setelah selesai makan besar maka bisa menyebabkan perut kembung.

  • Minum Teh

    Memang sih kadang justru paling enak minum teh hangat setelah selesai makan. Tapi ternyata disarankan untuk tak minum teh setelah makan. Kenapa? Karena kandungan keasaman teh bisa membuat proses pencernaan makanan lebih berat. Asam teh bisa membuat protein mengeras, sehingga sulit dicerna. Selain itu, tubuh jadi sulit menyerap zat besi dengan baik. Minum teh baru bisa dilakukan setidaknya satu jam setelah makan.

Setelah makan, beri kesempatan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. Minimal dalam kurun waktu dua jam setelah makan, kita tak langsung tidur atau melakukan aktivitas-aktivitas yang disebutkan di atas. Sayang banget kan kalau gizi dan nutrisi makanan yang kita konsumsi tak terserap dengan baik karena sebuah kesalahan kecil.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan