Setelah meninggalkan bangku sekolah atau kuliah dan bekerja, kamu akan menyadari bahwa gaya hidup yang selama ini kamu jalani harus berubah. Hidupmu akan terfokus pada pekerjaan dan rekan sekantor yang menguasai hampir 70% waktu sadarmu. Bukanlah hal yang aneh jika kamu lama kelamaan jadi merasa kewalahan dan dikejar-kejar. Banyaknya beban pekerjaan, tuntutan untuk mengejar karir dan tanggung jawab yang kamu pikul seolah-olah membuatmu tidak punya waktu lagi untuk bersenang-senang.

Ketika akhir pekan adalah satu-satunya oasis dalam hidupmu, wajar jika kamu lambat laun merasa lelah. Memang semuanya butuh uang dan mendapatkannya tidaklah mudah. Jika kamu berpikir bahwa hidup yang terfokus pada pekerjaan itu wajar, kamu akan lebih cepat merasa kering kerontang diperas waktu. Padahal, gaya hidup dewasa yang baik tidak sepenuhnya harus begitu keras. Ketika kamu menyediakan waktu untuk menekuni hobi masa kecil, kamu akan terkejut betapa semua itu bisa mengubah hidupmu.

Awalnya, ini mungkin hanya alasan kenapa kamu harus pulang tepat waktu di hari-hari tertentu dalam seminggu. Namun, ketika kamu benar-benar menekuni hobi tersebut, kamu akan menemukan bagaimana hidup seharusnya dijalani. Pekerjaan dan kesenangan haruslah berjalan dengan seimbang, untuk menciptakan gaya hidup yang tidak monoton dan melelahkan. Apapun hobimu, baik  menggambar, bermain musik, atau sekedar membaca buku, luangkanlah waktu dalam seminggu untuk melakukannya dan lepaskan semua beban pekerjaan. Selain bisa membuatmu lebih bahagia, berikut keuntungan menekuni hobi masa kecil setelah bekerja.

1. Mengingatkan kelebihanmu

Tidak semua orang bisa menggambar dengan baik, atau menyanyi atau membaca buku dengan cermat. Dengan menekuni hobimu kamu jadi merasa punya kelebihan lain yang bisa kamu andalkan. Ini akan meningkatkan rasa percaya dirimu dan membuatmu lebih ringan menjalani hidup. Kamu juga bisa mengexplorasi kemampuanmu dan mengasahnya lagi hingga menjadi keahlian.

2. Cara memanjakan diri

Meluangkan waktuuntuk mengembangkat bakat dan minat bisa disebut keegoisan positif. sering kali kita mengiyakan permintaan lembur dari bos atau menambah shift demi menolong teman, tapi jarang kita benar-benar meluangkan waktu khusus untuk melakukan hal yang kita sukai. Dengan mengutamakan kesenanganmu sendiri kamu akan merasa bahwa hidupmu punya tujuan lebih dari melewati jadwal 8 ke 5 di hari kerja. Mengejar karir memang butuh usaha dan kerja keras. Tetapi pikiran dan tubuh yang lelah tidak akan memberimu tenaga maksimal untuk melakukannya.

3. Gaya hidup percaya diri mempesona

Jika kamu percaya diri, hidup bahagia dan tahu apa yang kamu lakukan tanpa harus berkeluh kesah setiap saat, orang-orang akan mengelilingimu. Kamu terlihat bersinar dan mempesona di mata mereka dan mereka lebih menghargai dirimu apa adanya. Hobi dan kesukaan memang hanya suatu yang kecil dan sering terlihat membuang waktu. Tetapi efek relaksasi dan kegembiraan setelah berhasil menciptakan sesuatu adalah hal tak ternilai yang patut kamu hadiahkan bagi dirimu.

Baca juga Jika Kamu Seperti Ini, Kamu Adalah Seorang Wanita Yang Istri-able Banget

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan