Siapa sih yang tak akan senang memiliki kuku sehat dan kuat. Ada banyak sekali keuntungan memiliki jari-jari tangan lentik dengan kuku-kuku yang kuat. Sudah bukan satu atau dua kali bukan merasa kesal karena kuku rapuh yang mudah patah? Ada banyak sekali penyebab dari kuku yang rapuh dan mudah sekali patah. Dan rupanya salah satu penyebabnya adalah pada gizi dan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Tunggu dulu, mungkin saat ini kalian bertanya-tanya apa hubungan dari makanan atau nutrisi yang kita konsumsi dengan kuku sehat dan kuat?

Ada banyak sekali hubungan dari kesehatan kuku dengan nutrisi yang kita konsumsi. Seperti diketahui, kuku memiliki sel yang terus tumbuh pula. Karena itulah mengapa menjaga nutrisi menjadi hal yang esensial. Nutrisi yang harus Anda pastikan untuk konsumsi bila ingin kuku sehat serta kuat, seperti dibawah ini ya.

1. Protein

Kuku terbuat dari keratin, yang pertumbuhannya dipengaruhi oleh protein. Karena itulah mengapa memastikan tubuh mendapat pasokan protein yang cukup menjadi sebuah hal yang sangat krusial. Ada banyak sekali jenis dan sumber makanan dengan kandungan protein tinggi, mulai dari daging, ikan, kacang-kacangan, brokoli, telur, hingga sumber makanan seperti tahu dan tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya akan protein.

2. Zinc

Zinc menjadi salah satu nutrisi yang memiliki banyak sekali peranan penting untuk kuku. Kekurangan zinc bukan hanya membuat kuku rapuh dan mudah patah. Kurang zinc pun bisa nampak dengan munculnya bintik putih di permukaan kuku. Zinc juga berpengaruh pada warna kuku yang akan nampak kekuningan.

Sumber makanan yang mengandung zinc terdapat banyak macam, mulai dari kerang, biji labu, wijen, hingga pada daging. Dan jangan lupa pada kacang-kacangan.

3. Iron

Iron merupakan nutrisi yang penting untuk pembentukan sel-sel pada tubuh. Salah satunya pembentukan sel darah merah. Kekurangan iron tak hanya bisa menyebabkan anemia, namun juga akan nampak pada kuku yang terasa kasar, rapuh, memiliki permukaan yang terasa tipis dan tak memiliki bentuk beraturan.

Makanan yang mengandung iron paling banyak adalah sayur-saturan hijau berdaun seperti bayam, kale, serta daging merah. Tak lupa juga pada kacang-kacangan sering juga ditemukan banyak kandungan iron.

4. Biotin

Biotin atau vitamin B merupakan rahasia untuk mendapatkan kuku sehat dan kuat. Peranan vitamin B yang paling umum adalah proses produksi dan pembentukan sel pada tubuh. Vitamin B pula yang nantinya menggantikan sel-sel yang mati dengan sel baru. Ini mengapa, biotin memiliki fungsi yang penting pula untuk pertumbuhan kuku yang sehat.

Jenis makanan yang kaya akan biotin ini misalnya wortel, telur, salmon, gandum, serta pada beras merah. Selain itu juga bisa ditambah dengan vitamin B dalam bentuk kapsul.

Baca juga 5 Alasan Ini Bakal Bikin Kamu Yang Suka Gigit Kuku Jadi Mau Berubah!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikutin Tips Berikut Agar Tetap Cantik Dan Tampil Eksotis Dengan Kulit Sawo Matang Kamu

Definisi cantik tak harus selalu wanita dengan kulit