Tidur merupakan kebutuhan yang wajib dilakukan oleh manusia. Dengan tidur, manusia bisa memperoleh tenaganya kembali untuk beraktivitas keesokan harinya. Jika berbicara mengenai jerawat pasti tidak ada habisnya. Jerawat bisa muncul kapan saja dan pada area wajah mana saja. Ada berbagai macam penyebab jerawat seperti pola makan, stress dan beberapa kebisaan buruk yang mampu membuat keadaan kulit wajah menjadi buruk. Salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan jerawat adalah kebiasaan sebelum tidur. Berikut ini adalah kebisaan sebelum tidur yang dapat menyebabkan munculnya jeraawat pada wajah kamu.

1. Menggunakan hand cream sebelum tidur

Mungkin ini akan membingungkan kamu mengapa krim tangan dapat menyebabkan kamu jerawatan padahal kamu hanya menggunakannya di area tangan. Beberapa orang ketika akan tidur suka menyandarkan wajahnya di tangan. Sedangkan tangan baru saja diolesi hand cream. Kandungan yang terdapat pada hand cream tentunya diformulasikan untuk tangan bukan wajah sehingga beberapa kandungan di dalamnya akan menimbulkan iritasi. Hand cream bisanya mengandung alkohol dan parfum. Pada beberapa orang, alkohol dan parfum dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Oleh sebab itu jangan heran jika jerawat akan muncul setelah kamu bangun tidur.

2. Jarang mengganti sprei dan sarung bantal

Tempat tidur kamu terutama bantal dapat menjadi sarang tungau jika kamu jarang mengganti sprei dan sarung bantal. Jarang mencuci sarung bantal dapat menyebabkan jerawat pada wajah kamu. Semakin lama kamu menggunakan sarung bantal dan sprei makan semakin banyak kotoran serta bakteri yang berkembang biak. Sebelum tidur beberapa orang akan memainkan telepon genggam nya sambil berbaring, ada juga yang tidur dengan posisi miring. Otomatis wajah akan bersentuhan dengan bantal. Jika sarung bantal kotor tentunya bakteri dan kotoran akan menempel pada wajah sehingga dapat menimbulkan bakteri.

3. Menggunakan detergen yang tidak tepat

Telah disebutkan bahwa salah satu mencegah timbulnya jerawat pada wajah yaitu mencuci sarung bantal dan seprei. Oleh sebab itu kamu harus memperhatikan detergen yang kamu gunakan. Pastikan detergen yang kamu pilih tidak mengandung bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada wajah. Selain itu, gunakan detergen secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Penggunaan detergen yang terlalu banyak dapat menyebabkan residu pada kain, yang dapat menyebabkan jerawat dan iritasi pada kulit sensitif.

4. Makan dan minum di kasur

Beberapa orang yang sedang mager atau malas gerak akan banyak menghabiskan waktunya di atas tempat tidur. Salah satu aktivitas yang dilakukan yaitu makan di tempat tidur. Kebiasaan ini sebenarnya berhubungan dengan kebersihan tempat tidur kamu. Jika kamu sering melakukan kebiasaan makan di atas tempat tidur maka dapat membuat tempat tidur kamu menjadi cepat kotor. Ketika makan pasti ada remah-remah makanan yang tertinggal di atas kasur. Makan sebelum tidur dapat menyebabkan jerawat. Jika kamu tidak mencuci kembali muka kemudian membersihkan mulut kamu maka akan ada sisa-sisa makanan yang menempel pada area mulut. Selain itu remah makanan juga akan mengenai bantal. Jika remah menempel pada bantal, lalu kamu tidur berasalkan bantal tersebut maka otomatis remah-remah makanan akan menempel pada wajah kamu. 

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/singkirkan-jerawat-dengan-bahan-bahan-di-dapur/

http://www.tampilcantik.com/qna-dengan-dr-pimple-popper-seputar-skincare-untuk-mengatasi-jerawat-yang-wajib-kamu-ketahui/

http://www.tampilcantik.com/lawan-terik-matahari-dengan-rangkaian-sunscreen-untuk-kulit-berjerawat/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Supaya Kuku Tetap Sehat

Apakah kamu sering memerhatikan kuku? Apakah kamu rutin