badhairdaysolutionslarge

 

Rambut berminyak merupakan salah satu permasalah rambut yang membuat banyak orang kesel, dengan rambut yang berminyak rambut akan cepat bau dan lengket, kulit rambut yang berminyak mengakibatkan rambutpun menjadi berminyak.

 

Rambut berminyak sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya karena karakter kulit kepala yang berminyak, bisa juga karena cara merawat rambut dengan tidak tepat seperti yang dilansir dari detik.com.

 

1. Pegang Rambut
Sering menyentuh rambut memang kerap dilakukan tanpa sadar, misalnya saat sedang gugup atau flirting. Namun terlalu sering memegang rambut atau wajah tidak disarankan ahli kecantikan. Jika banyak menyentuh wajah akan memicu jerawat, memegang rambut bakal menjadikannya berminyak. Cosmopolitan menyarankan agar Anda juga tidak membiarkan pasangan terlalu banyak mengusap kepala Anda meski terasa menyenangkan.

2. Banyak Kondisioner
Wanita atau pria berambut panjang ingin memiliki ‘mahkota’ yang lembut, sehat, dan mudah ditata. Itu sebabnya mereka menggunakan kondisioner setelah keramas. Namun pastikan bila Anda tidak mengaplikasi terlalu banyak. Hindari pula memakainya di bagian atas kepala karena akan lebih membuatnya cepat berminyak setelah cuci rambut.

3. Banyak Menyisir
Menyisir menjadi cara termudah dan tercepat untuk merapikan rambut. Tapi jika dilakukan terlalu sering, hal itu akan membuat kulit kepala menstimulasi produksi minyak. Awalnya mungkin rambut Anda akan terlihat mengkilap namun kelamaan kulit kepala akan berminyak. Jika ingin tampil rapi, sebaiknya sisir saja bagian yang kusut saja namun hindari sikat sisir menyentuh kulit kepala.

4. Sisir Kotor & Penuh Rambut
Coba perhatikan sisir yang sering Anda gunakan untuk menyikat rambut. Apakah kondisinya kotor dan penuh dengan rambut yang rontok? Jika demikian, mungkin itu lah penyebab ‘mahkota’ Anda jadi berminyak setiap hari. Kotoran dalam sisir dan minyak di rambut rontok bisa transfer ke kepala, membuat pori-porinya tersumbat dan tambah berminyak.

5. Salah Produk
Kesalahan merawat rambut yang membuat rambut berminyak juga bisa disebabkan oleh produk yang Anda gunakan. Jika rambut mudah berminyak, perhatikan pemilihan produk perawatan dan penataannya. Cari yang formulanya ringan dan hindari yang menjanjikan ‘kilap’ dan ‘melembapkan’ karena itu lebih cocok untuk rambut kusam atau kering.

6. Dry Shampoo
Bagi Anda pengguna setia dry shampoo mungkin juga sering mengalami problema ini. Untuk menghindari kulit kepala berminyak karenanya, disarankan untuk melakukan detox. Caranya adalah dengan keramas dengan sampo yang membersihkan secara mendalam atau mengeksfoliasi kulit kepala dua hingga empat kali sebulan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang