Wajahmu Bruntusan? Jangan-Jangan Kebiasaan Ini Sering Kamu Lakukan Tanpa Disadari

Wajah terasa perih, gatal, panas hingga bintik merah muncul adalah tanda bahwa kulit kamu tidak sehat. Banyak yang menyebut kondisi ini sebagai bruntusan. Memang sih, bruntusan bukan penyakit yang serius tapi pastinya kamu tidak nyaman untuk jalani aktivitas dengan kondisi seperti ini dong. Sebetulnya bruntusan ini bisa datang karena kebiasaan buruk yang kerap kamu lakukan. Coba cek kebiasaan ini deh.

Jarang membersihkan wajah

Usai kamu beraktivitas seharian dengan banyaknya debu, polusi dan kotoran menempel, kamu seharusnya langsung membersihkan wajah. Namun, karena rasa lelah yang melanda maka kasur tentunya lebih menarik dibandingkan harus membersihkan wajah dulu. Nah, wajah yang kotor inilah yan gbisa menjadikan gatal dan kemudian perih disertai adanya ruam merah di wajah. Awal timbulnya bruntusan sebetulnya seperti ini. Untuk itu, membersihkan wajah adalah rutinitas yang harus kamu lakukan sebelum tidur ya.

Terlalu sering mencuci muka

Malas mencuci muka bisa jadi sebab bruntusan. Namun, kamu yang terlalu sering cuci muka pun juga ternyata nggak baik lho untuk kesehatan wajah kamu. Hal ini lantaran mencuci muka dengan intensitas yang terlalu sering bisa hilangkan produksi minyak alami yang ada di jaringan kulit. Dengan demikian, maka kulit jadi perih, tipis, kering dan juga kusam. Inilah yang bisa jadikan wajah bruntusan. Idealnya, kamu harusnya mencuci wajah sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Pagi, sore serta malam sebelum tidur adalah waktu terbaik. Jika ingin cuci muka, maka kamu bisa basuh air saja tanpa dengan sabun.

Salah memilih kosmetik

Saat ini sudah ada banyak sekali kosmetik yang dijual di pasaran. Pastinya setiap kosmetik itu sangat menarik hati kamu sebagai konsumen dong. Namun, kamu harus waspada juga jika tidak semua kosmetik bisa cocok untuk kulit kamu lho. Bisa saja kosmetik itu mengandung bahan yang bersifat iritan sehingga menjadikan kulitmu bereaksi secara negatif. Reaksi yang timbul ini pun bisa beragam sesuai dengan tingkat alerginya. Kebanyakan reaksi adalah seperti bruntusan, merah, panas dan gatal. Oleh karena itu hindari langsung terpancing dengan produk perawatan wajah dan kosmetik di pasaran. Hal ini karena tiap kulit memiliki reaksi berbeda. Gunakan saja kosemtik yang memang cocok untukmu atau dengan bahan alami.

Penggunaan kosmetik terlalu tebal

Kosmetik memang sudah menjadi sahabat wanita karena akan bisa menjadikan penampilan wanita terlihat lebih maksimal. Meski demikian, kamu harus tahu jika kosmetik menjadikan kulit merasa keberatan dan bisa sumbat pori-pori. Jika sudah demikian, maka jaringan kulit pun tak akan bisa bernapas baik yang bisa jadi sebab kulit menjadi kering dan timbulkan rasa gatal. Ada baiknya jika kamu ingin menggunakan kosmetik maka tipis saja. Jika harus tebal, maka kamu bisa memilih hanya di momen tertentu saja misalnya saat pesta.

Kurang buah, sayur dan air putih

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa jadikan kulit menjadi kering dan juga kusam. Selain itu konsumsi serat juga sangat penting karena bisa jadikan kulit senantiasa lembab dan sehat alami.

 

Baca Juga

^  REVIEW: Irisu Secret Japanese Whitening Face Mask

^  Benarkah Potong Rambut Dapat Mempercepat Pertumbuhan Rambut

^  Apakah Kamu si Teman Jahat di Kelompokmu? Kalau Kamu Seperti Ini, Maka Berarti Iya

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kulit Makin Glowing Saat Hamil, Ini loh Rahasia Meghan Merkle

Kulit Makin Glowing Saat Hamil, Ini Lho Rahasia