Semua makhluk hidup pasti akan mengalami masa yang disebut dengan penuaan, menjadi tua tidak bisa disamakan dengan dewasa loh, menjadi tua bisa di lihat dari usia sedangkan kedewasaan tak hanya di ukur dari usia. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kedewasaan seseorang.

Kedawasaan merupakan kepribadian atau cara pikir seseorang, kita pasti pernah menemui seseorang yang masih muda tapi sudah memiliki cara berpikir yang dewasa dan orang yang berusia tak lagi muda namun masih kekanak-kanakan dan masih menyusahkan orang lain dengan sikapnya. Nah berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kedewasaan seseorang.

Pengalaman Hidup

Woman on Brooklyn Bridge

Seseorang yang memiliki pengalaman hidup yang luar biasa seperti ujian hidup, masalah yang menguji kesabaran serta usaha untuk mendapatkan sesuatu biasanya memiliki cara berpikir yang lebih dewasa karena saat seseorang mengalami sebuah masalah dalam hidupnya, ia dipaksa untuk segera melakukan sesuatu dan mengambil sikap. Dari pengalaman itu, sikap dan kepribadiannya pasti akan ada yang ikut berubah. Bisa jadi lebih bijak dan tak lagi egois cuma memikirkan diri sendiri dalam melakukan sesuatu.

Latar Belakang Pendidikan

5482fe4a14873_-_cos-01-college-student-1970s-de

Selain pengalaman, latar belakang pendidikan pun menjadi peran yang cukup penting dalam membentuk kedewasaan seseorang. Pengetahuan yang dimiliki bisa menjadi dasar dari setiap keputusan dan langkah yang diambil. Namun latar belakang pendidikan bukan berarti pendidikan formal saja, tapi juga cara belajar dari lingkungan dan hal-hal yang ada dilingkungan hidupnya.

Lingkungan

girls-women-hipster-friends-talking-millennial-gen-y-21

Lingkungan sosial serta orang-orang yang ada dalam lingkungan sedikit banyaknya mempengaruhi kepribadian dan kedewasaan seseorang, saat kamu berada di sekitar orang-orang yang sudah memiliki kedewasaan maka kamu akan terbawa dalam cara berpikirnya.

Kemampuan Diri

Sequence of businesswoman working in office

Kemampuan juga kemauan untuk terus berproses memperbaiki diri jadi salah satu faktor penting yang menentukan kedewasaan seseorang. Kematangan diri dan pola pikir itu juga bisa dilihat dari kemampuan diri untuk selalu berproses ke arah yang lebih positif. Tak pernah berhenti belajar dan justru tak pernah berpuas diri dalam melakukan sebuah kebaikan.

Baca juga Kalau Kamu Masih Memiliki 3 Sifat Ini, FIXED Artinya Kamu Belum Bisa Berpikir Dewasa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Punya Masalah dengan Percaya Diri? Begini Caranya Ningkatin Rasa Pedemu

Jika kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang