fungsi minyak kelapa

Fungsi minyak kelapa yang banyak digunakan saat ini mungkin hanya untuk memasak, atau bahkan menambah rasa pada masakan. Padahal minyak dari buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini memiliki banyak sekali kegunaan. Terutama untuk kecantikan kulit serta rambut.

Banyaknya kegunaan minyak kelapa ini menjadikan bahan tersebut digunakan untuk banyak produk kesehatan dan kecantikan. Tapi tentu saja, ada cara-cara tradisional dan alami untuk menggunakan minyak kelapa ini. Dibawah ini, kita akan kupas tuntas kegunaan dan fungsi minyak kelapa ini ya!

Fungsi Minyak Kelapa Untuk Rambut

1. Masker Rambut

Minyak kelapa yang berada di suhu ruangan normalnya akan berbentuk seperti krim. Untuk menggunakannya sebagai masker rambut, lelehkan minyak hingga kembali berbentuk cair sebelum dioleskan ke batang rambut. Diamkan selama 5 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Digunakan sebagai masker rambut, minyak kelapa dipercaya bisa melembutkan rambut serta memerangi ujung rambut yang bercabang dan rapuh. Selain juga memberikan nutrisi penting yang hilang ketika rambut mengalami proses styling.

2. Leave in Conditioner

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai leave in conditioner yang gunakan untuk mencegah rambut berantakan dan menjaga rambut dari paparan panas matahari. Bonus point dari menggunakan minyak kelapa sebagai leave in conditioner : aromanya yang harum alami dan segar!

Caranya cukup oleskan minyak kelapa pada batang rambut tipis-tipis. Baru setelah itu gunakan produk rambut seperti biasa.

Fungsi Minyak Kelapa Untuk Kulit

1. Body oil

Menggunakan minyak kelapa pada tubuh tepat setelah mandi (sehingga minyak kelapa bisa meresap masuk ke dalam kulit yang masih hangat dan pori-pori masih terbuka) dipercaya bisa melindungi kulit. Selain itu juga, minyak kelapa mampu melembapkan kulit yang kering. Kandungan anti oksidan pada minyak kelapa ini pun menjadikan kulit lebih awet muda dan menghindari kanker kulit.

2. Massage Oil

Dari pada menggunakan massage oil macam-macam, lebih baik campurkan lavender oil atau pepermint oil pada minyak kelapa sebelum pijat. Kombinasi tersebut bisa memberikan efek menenangkan serta membantu refleksi.

3. Melembutkan kutikula

Banyaknya kandungan nutrisi baik pada minyak kelapa alami memang mampu melembutkan kulit dan memerangi kulit mati. Karena itu, menggunakan minyak kelapa pada kutikula kuku dipercaya bisa membantu pengelupasan kulit mati dan membuat kulit lebih lembut.

Yang akhirnya juga, membantu penampilan kuku nampak lebih cantik.

4. Perangi mata panda

Lingkaran hitam di bawah mata, baik itu karena kurang tidur atau kelelahan rupanya bisa diatasi dengan menggunakan minyak kelapa pada lingkar bawah mata. Nilai plus dari menggunakan minyak kelapa secara teratur di bawah mata ini pun bisa mencegah kulit menjadi keriput dan penuaan dini.

Dari semua fungsi minyak kelapa diatas, ada yang sudah pernah kamu coba?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk Cegah Keriput Disekitar Mata dengan Minyak Essential Ini

Area dekat mata kamu dianggap sebagai bagian tubuh