gatal

Kepala gatal memang sangat mengganggu apalagi jika rasa gatalnya disebabkan oleh serangan kutu, wah pasti sangat menjengkelkan dan memalukan karena jika tidak digaruk gatalnya menyiksa tapi jika digaruk pasti membuat kulit kepala menjadi luka.

Gigitan kutu yang menggigit kepalalah yang membuat kulit kepala terasa gatal tak tertahankan, sebanarnya rasa gatal ini di akibatkan oleh reaksi air liur kutu, jadi gatal bukan di akibatkan oleh kutu yang hanya berkeliaraan di kulit kepala saja. Tapi setelah gigitan rasa gatal tidak langsung terasa, biasanya butuh waktu sekitar 1 minggu hingga gigitan terasa sangat gatal. Reaksi akibat kutu rambut ini bervariasi tergantung pada sensitivitas kulit setiap orang. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Yuk ikuti tips berikut ini.

Jika kamu merasa rambutmu berkutu, agar tidak semakin parah sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter agar diberi antibiotik untuk menghentikan penyebaran dan meredakan rasa gatalnya. Biasanya dokter akan memberikan obat berupa salep atau obat minum.

Untuk pengobatan dari luar kamu bisa melakukan keramas dengan menggunakan shampo khusus anti kutu lalu menyisirlah dengan menggunakan sisir serit dengan rutin untuk mengangkat telur kutu yang menempel di rambut dan kulit kepala. Perawatan ini biasanya akan memakan waktu 4 hari hingga 3 minggu.

Agar cara ini bisa mengatasi dengan maksimal sebaiknya hindari hal berikut ini seperti yang dikutip dari vemale.com

  1. Jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut anak setelah diobati dengan obat pembasmi kutu. Beberapa obat mengandung bahan-bahan yang dapat menimbulkan efek terbakar di kulit kepala jika terkena hair dryer.
  2. Jangan memakai conditioner atau shampoo 2-in-1 dengan conditioner sebelum mengaplikasikan obat kutu.
  3. Jika pengobatan tidak mempan hingga tiga kali perawatan, segera konsultasikan lagi ke dokter. Lebih dari tiga kali perawatan, biasanya obat akan menjadi kebal dan tidak lagi mempan meski diulang-ulang.
  4. Jangan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti minyak tanah untuk mematikan kutu di rambut. Sangat berbahaya, mudah terbakar dan memang tidak seharusnya diterapkan untuk kutu yang berdiam di tubuh manusia.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Penasaran Bagaimana Wizzy Menjaga Rambut Keritingnya Agar Tetap Terjaga Dan Sehat?

Kecantikan para seleb Indonesia memang sangat bervariasi. Ada