Berada pada sebuah hubungan yang serius berarti kini kamu akan memutuskan menjadi satu dengan pasanganmu. Tapi, ini tidak berarti bahwa semua hal dalam sebuah hubunganharus dibuat bersama. Ada beberapa keputusan yang memang ditentukan oleh pasangan, terutama terkait dengan pengaturan tinggal dan masalah hubungan. Namun, ada keputusan-keputusan yang seharusnya tetap menjadi tugas dan tanggung jawab individu. Ini terutama  adalah hal-hal yang berhubungan dengan tubuhmu dan dirimu yang lebih penting dari yang kamu cintai.

Kapan seharusnya kamu membuat keputusan sendiri tanpa harus menuruti begitu saja pasanganmu?

Memiliki anak

Kamu tidak boleh memiliki anak hanya untuk menyenangkan pasanganmu. Ini bukan sebuah kepurusan yang sederhana. Keputusan ini mempengaruhi kalian berdua, sehingga tidak boleh ada kompromi pada hal ini. Beberapa orang tidak menginginkan anak karena memang tidak siap, atau mereka sama sekali memang tidak tertarik dengan ide memiliki anak. Namun, sebaliknya, beberapa orang sangat menginginkan memiliki anak dan akan melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Nah, jjika kamu ingin punya anak, kamu tak boleh memaksa pasanganmu untuk menerima keputusanmu sendiri. Ini adalah masalah besar. Begitu pula dengan sebaliknya. Jika pasanganmu ingin punya anak dan kamu tidak, maka jangan menurutinya begtu saja.

Karir

Beberapa pasangan berpikir bahwa tak mengapa saling mempengaruhi pilihan karir masing-masing, tetapi ini bukan hal yang seharusnsya kamu lakukan. Seseorang memilih karir dengan alasan yang beda-beda, baik hal ini karena uang, passion, atau kenyamanan. Tetapi, ia yang akan bekerja haruslah ia yang memutuskan. Peran pasangan adalah untuk memberikan panduan dan dukungan. Jadi, ja tidak boleh membuat keputusan buatmu.

Menerima kenaikan jabatan atau tidak

Kenaikan jabatan bisa berart banyak hal, seperti jam kerja yang lebih panjang, traveling keluar koa, dan bahkan pindah lokasi secara permanen. Ini juga bisa secara drastis mempengaruhi dinamika hubungan dengan pasangan. Karena itu bisa jadi pasanganmu akan melarang-larangmu untuk menerima kenaikan jabatan ini. Padahal, ini bukan haknya untuk membuat keputusan buatmu. Kamulah yang harus menentukan sendiri seperti apa karirmu di masa depan.

Mendapatkan modifikasi tubuh

Walaupun ini tato, operasi plastik, atau bahkan piercing kecil, pilihan untuk membuat perubahan permanen pada tubuhmu  ada pada tanganmu. Pasanganmu bisa memberimu input dan membuat argument mendukung atau menolak, tapi itu semua adalah keputusanmu pada akhirnya. Ingatlah bahwa ini adalah tubuhmu, jadi semua pilihan ada di tanganmu.

Bagaimana kamu menghabiskan uangmu

Jika kamu adalah pasangan yang sudah menikah, maka secara legal kamu akan berbagi uang dengan pasanganmu. Namun, kamu masih tetap memiliki bagian yang kamu dapatkan dari penghasilanmu sendiri. Jadi, jangan biarkan ia membuat seluruh keputusan apa yang harus kamu lakukan dengan uangmu. Ingat, ini adalah hidupmu sendiri.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Tanda-Tanda Kamu Pacaran dengan Cowok Nggak Baik yang Tak Bisa Bersyukur

Dunia kencan seringkali aneh. Di satu sisi, ada