USA, New Jersey, Jersey City, Young woman working in office. Image shot 2011. Exact date unknown.

Dalam berkegiatan sehari-hari, bersosialisasi dengan orang lain, dan menjalankan tugas, kewajiban sebagai pekerja, dan lain sebagainya, kamu pasti pernah menghadapi kejadian yang menyebalkan dan mempengaruhi moodmu selama seharian penuh. Namun, jika kamu membiarkannya terjadi dan tidak melatih diri untuk mengontrol emosi dan menahan emosi negatif lainnya yang berpengaruh banyak pada rasa tenangmu, kamu tidak akan berhenti  merasa perasaan yang tidak menyenangkan. Sebagai solusi, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk perasaan yang lebih baik ketika situasi tidak menyenangkan datang padamu:

Belajar Bersyukur

Kamu tidak perlu stres ketika bangun di pagi hari dan melihat pekerjaanmu masih menumpuk. Yang kamu butuhkan adalah bergerak santai namun tetap teratur, agar pikiranmu tidak terbebani dan menjadi lebih tenang. Kemudian, mulailah beraktivitas atau berangkat ke kantor dengan rasa syukur bahwa kamu masih diberi kesibukan dan tanggung jawab untuk menyelesaikan.

Istirahat Cukup

Kamu bisa mengambil waktu bersantai ketika waktu luang dengan melakukan hal-hal yang kamu gemari. Kamu bisa menonton serial kesukaanmu, atau membaca buku favoritmu sehingga perasaanmu menjadi puas dan bahagia. Ketika bersantai dan beristirahat seperti itu, usahakan tidak memikirkan masalah lain. Karena segala sesuatu memiliki waktunya sendiri-sendiri.

Tak Memusingkan Hal Kecil

Jangan biarkan hal-hal kecil yang tidak sesuai dengan ekspektasimu mengganggu pikiranmu seharian penuh, seperti misal rekan kerjamu yang melakukan hal menyebalkan pada hari tersebut, atau kamu ditegur oleh atasan, dan lain sebagainya.

Olahraga Rutin

Rajin dan rutin berolahraga setiap hari akan membuat tubuhmu sehat. Tidak hanya itu, olahraga teratur akan membuat hormonmu seimbang dan akan memberikan rasa tenang pada pikiran dan tubuhmu.

Punya ‘Me Time’

Mengeluh kepada orang lain tentang betapa berat dan melelahkannya hidupmu, hanya akan menambah bebanmu karena bisa jadi, orang lain akan jengah dan tidak peduli dengan apa yang kamu rasakan dan pikirkan. Alangkah baiknya, kamu memiliki waktu sendiri untuk melakukan hal-hal yang akan membuatmu lebih tenang.  Memiliki ‘me time’ sangat perlu untuk menawarkan perasaan yang nyaman dan bahagia tersendiri.

Memiliki Hewan Peliharaan

Jika kamu memiliki hewan perliharaan kesayangan, kamu akan mudah merasa bahagia karena memiliki binatang peliharaan akan meningkatkan hormon bahagiamu, walhasil kamu akan mudah terpicu untuk merasa bahagia ketika menghabiskan waktu sepulang kerja atau beraktivitas bersama hewan peliharaanmu.

Tidak Takut Berekspresi

Menyembunyikan emosi dan eskpresi, baik ketika sedang kesal, sedih, kecewa, atau marah, hanya kana membuat pikiran dan ragamu menjadi tidak sehat. Jangan ragu luapkan dengan menarik nafas dalam-dalam, berjalan kaki, memukul bantal, apapun itu, kecuali menyakiti orang lain dan menjadikan orang lain sebagai pelampiasan. Setelah meluapkan emosi dan berekspresi sebagai mestinya, kamu akan merasa lebih tenang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yakin Semua yang Kamu Pelajari Benar? Beberapa Fakta Pengetahuan Umum Ini Mungkin Akan Menejutkanmu

Jika kamu memikirkan kembali segala yang kamu pelajari