husb-wife

Dalam beberapa aspek kehidupan, pembahasan mengenai finansial dan uang adalah hal yang sensitif untuk dibicarakan. Tidak terkecuali dalam kehidupan berumah tangga, antara suami dan istri harus sama-sama bisa transparansi agar tidak menimbulkan keretakan dan perpecahan akibat kesalahpahaman mengenai hal ini. Ditambah lagi suami dan istri sama-sama bekerja. Akan semakin sering timbul percekcokan antar suami dan istri tentang pembagian uang dan lain sebagainya jika tidak dibicarakan baik-baik di awal.

Namun, jika kamu termasuk seseorang yang pernah atau sering mendebatkan persoalan keaungan dengan pasangan, kamu tidak perlu khawatir karena banyak cara yang akan mengentaskanmu dari perselisihan soal keuangan. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan bersama pasangan untuk meminimalisasi perdebatan masalah uang:

Bersikap Realistis

Kamu, sebagai wanita, mau tidak mau, harus bersikap realistis demi kebaikan rumah tangga. Dirimu sendiri, suami, dan anak-anakmu. Jika kamu dan pasangan bekerja dan penghasilanmu lebih dari cukup dibanding suamimu, kamu bisa menabung sebagian dari penghasilanmu dan sisanya bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Kamu juga harus bisa mengatur agar tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Lebih Bijak Mengatur Uang

Mengatur uang dengan bijak akan membantu menciptakan hubungan yang harmonis. Ingat selalu bahwa keretakan rumah tangga salah satunya disebabkan oleh kondisi ekonomi. Selain mengatur keuangan dengan baik, selalu diskusikan bersama pasangan tentang barnag-barang yang akan kalian beli, berapa harganya, dan apa fungsinya. Dengan begitu, antar satu pihak dan lainnya tidak ada yang merasa dirugikan karena masing-masing tahu.

Cari Tahu Motivasi

Kamu perlu tahu apa motivasi pasangan untuk menabung banyak uang, apa motivasi pasangan memiliki kerja sampingan, dan lain-lain. Saling terbuka dan saling transparansi tentang hal ini akan membantu kamu dan pasangan hidup dengan tenang dan tidak saling mencurigai satu sama lain.

Jadi, setiap permasalahan memiliki beberapa alternatif solusi, termasuk masalah keuangan di rumah tangga. Jadi, rutinlah berdiskusi tentang hal tersebut agar tidak timbul perdebatan antara kamu dan pasanganmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Punya Masalah dengan Percaya Diri? Begini Caranya Ningkatin Rasa Pedemu

Jika kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang