brand-660x400

Dewasa ini, mencari pekerjaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun kamu masih punya waktu dan kesempatan untuk mempelajari apa saja yang kamu butuhkan dalam memasarkan dirimu di tempat kerja. Berikut panduan sederhana yang dapat kamu terapkan dalam pencarian pekerjaan agar perusahaan mau melirikmu terlebih dahulu!

Identifikasi Diri

Kamu hanya bisa mempresentasikan sisi baik dan kelebihanmu jika kamu telah mengetahui bagaimana dirimu, apa saja kekurangan dan kelebihan yang kamu punya, dan seberapa kapasitasmu pada bidang yang kamu tekuni. Sebelum proses pencarian kerja dilakukan, identifikasi terlebih dahulu hal-hal tersebut. Kemudian rangkum dalam beberapa poin pentingmu, agar orang dapat menangkap mana potensi dan mana kelebihanmu, serta kekuranganmu dalam waktu singkat.

Membangun Personal Branding

Setelah kamu mengetahui kapasitas diri sendiri, cobalah untuk memulai pada strategi berikutnya. Anggap dirimu sebagai sebuah produk, sebelum kamu melakukan proses pencarian pekerjaa, kamu pasti sudah tahu mau dibawa ke mana usaha dan prestasimu tersebut bukan? Ya, pengalaman-pengalamanmu dalam berkegiatan atau berorganisasi atau magang akan menjadi pertimbangan perusahaan untuk merekrutmu ketika membaca resumemu tersebut. Kemudian presentasikan dirimu melalui brand yang telah kamu bangun.

Mensosialisasi Brandmu
Teknologi komunikasi kini telah berkembang pesat dan menjamur termasuk dalam dunia pekerjaan. Manfaatkan hal baik ini dengan mempromosikan diri melalui berbagai media sosial, seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, dll. Kamu juga bisa membuat portfolio agar perusahaan dapat dengan mudah menilaimu.

Lakukan Marketing
Cobalah untuk aktif di berbagai kegiatan social networking demi membangun relasi dan link. Intinya, semakin kamu mengenal banyak orang yang tepat maka akan semakin terbuka pula kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan impian. Link atau relasimu ini sangat berguna untuk kehidupanmu dan karirmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Punya Masalah dengan Percaya Diri? Begini Caranya Ningkatin Rasa Pedemu

Jika kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang