Produk kosmetik yang sudah dibeli biasanya sulit dilepaskan ya. Maklum, entah itu bedak favorit, lipstik kesayangan, atau blush yang cocok banget sama warna kulit wajahmu, rasanya semakin sayang semakin susah berpisah. Jadinya produk kosmetik tersebut disimpan dalam waktu yang cukup lama. Namun, kosmetik memiliki umur masing-masing. Nah, jika perkiraan umurnya sudah kamu ketahui, mari cari tahu lebih lagi bagaimana cara mengetahui tanda-tanda kalau produk kosmetik kamu sebaiknya tidak digunakan lagi. Simak selengkapnya yuk!

 

1. AROMA TAK SEDAP

Lipstik yang kamu kenakan biasanya tidak berbau atau punya wangi khusus saat dipakai. Tapi sekarang kok aneh baunya? Jika hal ini kamu alami, maka sebaiknya lipstik tersebut tidak digunakan lagi. Selain lipstik, beberapa produk makeup lainnya yang sering menimbulkan bau tak sedap dapat ditemui pada foundation, bedak, dan maskara. Kalau sudah begini, rasa ‘sayang’ dengan kosmetik lebih baik jangan dipertahankan ya.

 

2. PERUBAHAN TEKSTUR
perubahan-tekstur-pada-makeup

Pernahkah maskara yang kamu miliki tadinya cair sekarang berubah menjadi gumpalan? Hal ini merupakan salah satu tanda produk kosmetik jangan dipakai lagi! Udara yang masuk saat kamu membuka kemasan akan mengundang banyak bakteri, dan kalau pernah membiarkan kemasan terbuka begitu saja akan mengubah tekstur produk makeup, terutama pada maskara. Karena itu penting untuk memerhatikan tekstur produk makeup yang kamu gunakan ya. Contoh lain misalnya blush pada atau lipstik yang sudah mulai muncul bercak atau bintik-bintik kecil.

 

3. WARNA TIDAK PEKAT

Ketika warna produk kosmetik kamu sudah berubah atau tidak pekat, maka kamu harus rela menggantinya dengan yang baru. Warna tidak pekat tentu membuat tampilan makeup kamu nggak tahan lama dan harus touch up berulang kali. Coba simpan kosmetikmu di tempat yang memiliki udara dan temperatur normal untuk memperpanjang usianya.

 

4. SAAT DIAPLIKASIKAN MENIMBULKAN IRITASI
iritasi-pada-kulit-memakai-makeup

Mungkin banyak di antara kamu yang tidak tahu persis, seperti apa tanda-tanda produk kosmetik yang tidak bisa digunakan lagi. Biasanya langsung saja mengaplikasikan tanpa melihat tanggal kedaluwarsa misalnya. Begitu sudah dipakai, timbul kemerahan dan iritasi pada kulit padahal saat kamu menggunakannya sehari-hari nggak pernah seperti itu. Tentunya, kamu nggak mau kan mengalami hal tersebut? Cegah hal ini dengan pulaskan produk kosmetik kamu terlebih dulu di bagian bawah rahang. Tunggu 5 – 10 menit apakah kulitmu jadi merah atau gatal. Kalau sudah merah atau gatal, sebaiknya jangan dipakai lagi ya.

Baca juga 5 Alat Makeup Yang Tak Boleh Kamu Pinjamkan Ke Teman Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mau Cantik Jangan Asal Murah! Kamu Harus Tau Kandungannya.

Waspada! Hindari Kosmetik Berbahaya Dan Ilegal Dengan Tips