diet

 

Terkadang sebagian orang tidak pernah memperhatikan asupan makanan yang mereka konsumsi, apapun mereka makan yang pernting menghilangkan rasa lapar dan itu makanan yang enak, padahal banyak penyakit yang timbul karena asupan makanan yang sembarangan.

 

Salah satu penyakit yang bisa muncul adalah tekanan darah tinggi, dan perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat memicu berbagai macam penyakit, seperti stroke. Nah dengan resiko yang berbahaya seperti ini maka penting sekali untuk menjaga asupan makanan untuk mengjaga atau mengendalikan tekanan darah tinggi dengan banyak mengonsumsi makanan berikut ini seperti dilansir oleh vemale.

 

  • Bayam. Bayam kaya akan magnesium dan kalium. Dua jenis mineral ini berperan penting menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Jadi, tambahkan sayuran hijau ini pada makanan Anda agar lebih sehat dan tekanan darah tetap terjaga.

 

  • Dark Chocolate. Menurut penelitian, mengonsumsi 25 – 30 kalori dari dark chocolate per hari dapat menurunkan tingkat tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini dikarenakan kandungan flavanol yang dimiliki dark chocolate. Falvanol adalah jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu menurunkan tekanan darah.

 

  • Tomat. Tomat kaya akan lycopene, antioksidan yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi di Australia menunjukkan, dengan mengonsumsi 25 mg lycopene dalam diet setiap hari, kadar kolesterol jahat hingga 10 persen yang berefek juga pada tekanan darah yang lebih stabil. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan cara dimakan segar, dibuat jus, sebagai saus pasta atau dijadikan sup.

 

Nah itulah tiga makanan yang mampu membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi tapi selain dengan mengonsumsi tiga jenis makanan ini sebaiknya kamu lebih memperhatikan pola makan dan asupan makanan, hindari makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat seperti makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Berikut Yang Akan Terjadi Jika Waktu Tidurmu Kurang

Beraktivitas seharian dengan segala kesibukan yang ada memang