Kulit kering dapat menyebabkan penampilan kita terlihat buruk dan dapat membuat diri kita menjadi tidak nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kita harus mengetahui bahan-bahan apa saja yang harus kita hindari agar keadaan kulit yang kering tidak semakin memburuk. Berikut merupakan 5 zat yang dapat mempengaruhi kulit  kering:

index

  1. Retinoid

Zat ini dapat kita temukan dalam produk anti jerawat, keriput, serta obat-obatan permasalahan kulit lainnya. Zat ini dapat menimbulkan efek yang buruk pada kulit kering kamu. Pada kulit kering, retinoid ini dapat menyebabkan beragam iritasi pada kulitmu yang akan membuat kulit keringmu semakin memburuk.

  1. Benzoyl Peroxide

Bahan ini sering dipakai untuk menyembuhkan jerawat. Namun zat ini dapat menimbulkan efek yang buruk seperti bisa membuat kulitmu menjadi bersisik, gatal, iritasi, serta kemerahan.

  1. Alkohol

Kandungan alkohol dapat kita temukan di produk-produk kosmetik, salah satunya adalah toner atau penyegar. Alkohol juga dapat kita temukan di lotion serta gel. Karena alkohol mudah menguap, alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi mudah kering.

  1. Asam Salisilat

Asam salisilat sering dipakai untuk melembutkan kulit serta dapat mengangakat sel kulit mati. Kamu harus menghindari bahan ini bila akan menerapkannya pada bagian kulitmu yang kering. Hal ini dikarenakan asam salisilat ini dapat mengakibatkan kulit rusak. Sebaiknya kamu dapat tanyakan kepada dokter kulit untuk mengetahui bagaimana pemakaian periode panjangnya.

  1. Pewangi serta zat pengawet

Pewangi dan zat pengawet merupakan pemicu yang paling utama alergi pada kulit. Kedua zat ini dapat menyebabkan iritasi yang parah pada kulit kering. Sebaiknya hindari zat ini dalam produk perawatan kulit kamu. Kecuali bila menghindar beberapa bahan pemicu kulit kering, sebaiknya kamu juga teratur melembabkannya dengan pelembab yang sesuai dengan keadaan kulit kamu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Perbedaan Jenis Kulit Sebelum Kamu Memulai Perawatan

Tampil cantik dengan kulit mulus tanpa noda tentu