Layaknya kabin komando, otak merupakan tempat dimana semua perintah bagi tubuh dibuat dan didelegasikan. Ketika kamu mulai sulit berkonsentrasi, tidak fokus, pelupa dan tidak peka, bisa saja hal ini terjadi karena sel-sel dalam otak kekurangan nutrisi. Sel otak mengambil energi untuk beraktifitas melalui pembakarang glukosa yang diperoleh dari dalam makanan. Hal inilah yang membuat sehabis memakan makanan manis, terkadang pikiran terasa tercerahkan sesaat. Namun, otak tidak dapat menyimpan zat gula tersebut sehingga memerlukan aspuan rutin dari tubuh melalui pembuluh darah.

Karena itu, makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangat besar pengaruhnya terhadapat performa sel otak dan kemampuan berpikir. Mengkonsumsi makanan-makanan ini tidak hanya berpengaruh pada performa saja, tetapi juga bisa memperkecil terkena penyakit yang menyerang otak seperti Alzhaimer.

1. Blueberry

Pigmen warna biru dalam buah blueberry mengandung antosianin. Zat ini diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan memperbaiki sel-sel otak. Selain itu, pythocompound dalam blueberry juga sangat bagus untuk mengurangi stress yang dapat menurunkan performa otak.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin K, beta-karoten, dan lutein, sangat baik untuk menutrisi sel abu-abu tersebut. Contohnya adalah bayam, presteli, sawi hijau, dan selada romaine. Sebuah penelitian membuktikan mengkonsumsi sayuran ini dua kali sehari bisa meningkatkan kinerja otak, mengurangi penurunan performa sampai setara dengan orang yang lima tahun lebih muda.

3. Kacang Walnut

Selain kaya akan vitamin E, walnut juga mengandung asam folate, asam lemak omega-3  and melatonin yang sangat disukai oleh otak. Semua kandungan di atas sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel otak sehingga sangat disarankan dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Terlebih, walnut juga memiliki antioksidan yang tinggi yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.

4. Ikan Perairan Dalam

Ikan perairan dalam seperti salmon, sarden dan cod merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Omega-3 dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan dan memperkuat daya ingat. Kurangnya konsumsi makanan ini bisa membuat tubuh rentan terhadap peradangan, mudah stress dan tidak bersemangat. Mengkonsumsi minya omega-3 yang asli juga bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi ini.

5. Kuning Telur

Kuning telur mengandung koline yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan sel otak pada janin. Koline juga membantu penyerapan zat bethane yang bisa mempengaruhi suasana hati. Sangat di sarankan bagi ibu yang sedang mengandung dan menyusui untuk mengkonsumsi kuning telur.

6. Teh

Kafein merupakan salah satu zat yang bisa memicu performa otak, jika dikonsumsi tidak berlebihan. Apabila kamu membutuhkan nutrisi yang cepat dan mudah diserap sel otak, lebih baik memilih teh yang baru diseduh dari pada kopi. Selain itu teh hijau dan teh hitam juga memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Nggak Disangka! Rempah Berikut Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badanmu Lho

Bentuk tubuh bak model seolah menjadi standar kecantikan