Ladies, Yuk Ketahui Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri Yang Benar

Sebagai wanita, payudara tentu menjadi bagian tubuh yang amat penting. Bukan semata untuk penampilan lho ya, tapi payudara juga memegang peran penting dalam kehidupan wanita yakni untuk menyusui anak nantinya. Itulah mengapa kondisi payudara harus senantiasa sehat dan bebas masalah. Untuk itu lakukan pemeriksaan payudara sendiri sehingga bisa diketahui perubahan yang mungkin bisa mengarah ke kondisi serius.

Berbagai perubahan yang ada di payudara harus diwaspadai karena ini bisa jadi indikasi dari penyakit. Dengan dilakukannya pemeriksaan payudara sendiri, maka ini ditujukan untuk ketahui bentuk payudara normal dan mengetahui bahwa tidak ada perubahan di payudara. Dengan adanya deteksi dini, maka banyak sekali wanita yang sudah terbukti selamat dari kanker lho.

Waktu terbaik untuk bisa lakukan pemeriksaan payudara sendiri yakni beberapa hari usai menstruasi berakhir. Ketika menstruasi, maka kadar hormon berfluktuasi yang bisa sebabkan perubahan di tubuh, termasuk juga mengencangnya payudara. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu pilih.

Di depan cermin

Cara pertama bisa dilakukan di depan cermin. Berdirilah depan kaca lalu buka pakaian kamu dan pastikan jika pencahayaan cukup. Berikut ini caranya:

Perhatikan payudara kamu dan berdiri dengan lengan di samping badan. Perhatikan mulai dari ukuran, bentuk dan kemungkinan perubahan misalnya dari permukaan, warna kulit sampai bentuk puting payudaranya.
Lanjut dengan meletakkan tangan di pinggang lalu tekan kuat demi otot dada yang kencang. Perhatikan payudara dari sisi kiri dan kanan.
Membungkuk di depan kaca agar payudara terjulur. Coba perhatikan lalu raba untuk pemeriksaan apa ada perubahan yang ada di payudara.
Taurkan dua tangan di belakang kepala lalu tekan ke dalam. Cek payudara kamu, apa ada cairan yang keluar dari bagian puting payudaranya. Tempatkan jari dan jempol di sekitar puting lalu tekan dengan perlahan lalu perhatikan apa ada cairan yang keluar.

Saat mandi

Kamu juga bisa memeriksa payudara ketika mandi. Dengan adanya busa sabun, maka hal ini akan bisa memudahkan pergerakan tangan demi periksa benjolan dan perubahan lainnya di payudara. Coba angkat satu tanganmu ke belakang kepala. Lalu tangan lainnya melumuri sabun dan raba payudara pada sisi tangan yang terangkat. Pakai jari untuk tekan bagian dan bagian secara lembut. Lakukan juga di sisi payudara lainnya.

Berbaring

Selain di depan kaca dan saat mandi, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan payudara dengan cara berbaring. Berikut ini caranya:

Sambil kamu berbaring, tempatkan handuk yang sudah digulung atau bantal kecil pada bawah pundak. Tangan kanan ditempatkan di bawah kepala lalu lumuri tangan kiri dengan memakai losion dan pakai jari untuk raba payudara kamu.
Kamu bisa mulai gerakan seperti arah jarum jam dengan gerakan yang melingkar. Usai satu lingkaran, geserlah jari dan mulai lagi sampai ke seluruh permukaan payudara dan puting yang selesai teraba.

Pemeriksaan payudara tidak usah dilakukan dengan buru-buru. Kamu harus melakukan pemeriksaan sampai ke seluruh permukaan payudara sehingga maksimal. Yuk, mulai memeriksa payudara sendiri demi kesehatan jangka panjang!

Baca Juga:

^  REVIEW: Maybelline The Blushed Nudes Eyeshadow Palette

^  Bosan Tersakiti dan Patah Hati? Refleksikan 4 Pertanyaan ini Sebelum Melanjutkan Hubungan

^  5 Alasan Masuk Akal dan Dapat Diterima Jika Kamu Terlambat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Alasan Kenapa Beberapa Wanita Malas Menggunakan Makeup. Apakah Kamu Salah Satunya Juga?

Inilah Alasan Mengapa Beberapa Wanita Malas Menggunakan Make