children with different sizes, isolated on white background

Ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan, antara lain genetik, asupan gizi makanan, kualitas tidur, olahraga, atau Pola Hidup yang Sehat.
Perkembangan tinggi badan dipengaruhi oleh kelenjar pituitari yang terdiri atas tiga bagian, yaitu lobus anterior, pars intermedia, dan lobus posterior. Lobus anterior  memproduksi hormon pertumbuhan dan hormon lainnya.
Hormon pertumbuhan bertugas mengatur pertumbuhan jaringan tulang keras dan tulang rawan. Dalam program peninggi badan, melalui metode khusus, kelenjar pituitari dapat ditingkatkan aktivitasnya sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan lebih banyak.
Semua aktivitas di bawah ini masuk kategori exercises induced growth hormone (EIGH) atau latihan yang merangsang hormon pertumbuhan:

Tahan gerakan 5-30 detik, setelah itu istirahat 5-30 detik juga.

Senam ringan (pemanasan) atau stretching
Silahkan Kamu lakukan olahraga senam ringan atau penamasan agar pertumbuhan tulang rawan pada tubuh Kamu dapat tumbuh dengan maksimal. Tulang-tulang rawan ini mempunyai sifat elastis. Jadi dengan sering berolahraga dan melakukan gerakan-gerakan tertentu secara teratur, tulang-tulang rawan tersebut akan terstimulasi untuk tumbuh panjang. Kemudian, tubuh bagian bawah juga bisa bertambah panjang loh. Asyik kan? Bagaimana, mau coba? INI DIA GERAKANNYA

 

1. COBRA STRECH

Peregangan ini dilakukan dengan cara tengkurap, kemudian mengangkat bagian dada. Gunakan kedua tangan untuk bertumpu di lantai dan menopang bagian depan tubuh Kamu di lantai.

 

2. BASIC LEG STRECH

Lakukan basic leg stretch untuk menambah tinggi badan. Caranya adalah duduk dengan posisi kaki terpisah sejauh mungkin satu sama lain, lalu raih ujung kaki dengan tangan Kamu. Upayakan untuk menjaga lutut Kamu tetap lurus. Selanjutnya cobalah raih ujung kaki lainnya. Pastikan tulang belakang Kamu tetap lurus dan Kamu hanya bergerak dari pinggul.
Ingat, jangan lengkungan tulang belakang bagian atas. Peregangan ini baik untuk tulang punggung dan kaki. Lakukan pengulangan dengan rentang 6-15 detik.

 

3. POSISI JEMBATAN

Peregangan lain yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan adalah dengan memposisikan gerakan tertentu sehingga posisi badan seperti jembatan.  Caranya adalah dengan berbaring di mana lutut ditekuk dan telapak kaki menapak mendatar di lantai, sedekat mungkin dengan bokong. Lalu pegang pergelangan kedua kaki dengan masing-masing tangan, sementara itu naikkan pinggul dan lengkungkan tulang belakang.  Dengan posisi ini maka wajah menghadap ke langit-langit. Usahakan mengangkat perut setinggi yang Kamu bisa, dengan posisi tangan masih memegang pergelangan kaki. Jika Kamu tidak bisa memegang pergelangan kaki, jaga lengan tetap di samping dan gunakan untuk mendorong tubuh Kamu ke atas.
Ulangi latihan ini dengan rentang 3-10 detik. Mungkin awalnya latihan ini terasa berat, namun jika sudah terbiasa akan terasa lebih ringan.

 

4. POSISI GERAKAN MEJA

Peregangan dengan Posisi Seperti Meja Latihan peregangan adalah pemanasan yang paling efektif untuk menambah tinggi badan. Latihan peregangan yang bisa dilakukan adalah dengan menarik anggota-anggota tubuh sehingga posisinya menyerupai meja.  Cara melakukannya adalah dengan duduk di lantai dan posisikan kaki lurus. Jaga badan tetap lurus, lalu tempatkan telapak tangan di lantai, di samping bokong Kamu. Kemudian tempelkan dagu ke arah dada. Selanjutnya angkat kepala dan dongakkan sejauh mungkin.    Sambil mendongakkan kepala, angkat tubuh sehingga lutut jadi menekuk, dengan lengan yang tetap lurus. Tubuh dan bagian atas kaki lurus dan horizontal ke lantai, sedangkan lengan dan kaki bagian bawah dalam posisi tegak lurus ke lantai, sehingga tubuh Kamu menyerupai meja. Latihan ini mungkin cukup berat, lakukan pengulangan 8-20 detik.

 

5. SUPER STRECH

Super stretch adalah peregangan yang lebih mudah dan paling populer bisamenambah tinggi badan.
Caranya adalah dengan berdiri dan mengangkat kedua tangan ke atas kepala. Satukan kedua telapak tangan dan tarik ke atas setinggi yang Kamu mampu. Bisa dilakukan pula sampai kaki berjinjit. Selain dilakukan sambil berdiri, latihan ini juga bisa dilakukan sambil berbaring. Lakukan pengulangan dengan rentang 4-7 detik.

Baca juga Ikuti 5 Cara ini, Dijamin Kamu Akan Cepat Tumbuh Tinggi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Kuku Kuat dan Berkilau? Konsumsi Makanan-Makanan Ini, Nih

Kuku kuat, berkilau, dan halus serta bisa dipamerkan