Couple in front of wall.

Konon, penyesalan adalah emosi terburuk yang bisa dirasakan oleh seseorang. Rasa menyesal memang membuat suasana hati tidak nyaman. Energi positifmu juga akan terserap habis ketika rasa menyesal melanda hati dan pikiranmu. Maka dari itu, agar kamu tidak melakukan suatu hal yang menyebabkan rasa penyesalan muncul di kemudian hari, kamu bisa melakukan beberapa cara ini:

Mengikuti Mimpi

Banyak orang yang sibuk menjalani hidup untuk memenuhi ekspektasi orang lain dan tidak memberi kesempatan untuk diri mereka sendiri mengejar dan mengikuti mimpi-mimpi mereka. Padahal, mimpi dan harapan adalah sebuah alasan untuk hidup dengan bahagia dalam jangka waktu lama.  Saat kamu mengabaikan mimpi-mimpimu, akibatnya adalah kamu melewatkan banyak kesempatan untuk mencapai semua potensi yang kamu miliki. Tidak mencapai mimpi atau tidak berusaha menggapai mimpi adalah hal buruk yang menjauhkanmu dari perasaan bahagia yang sesungguhnya. Coba ingat kembali mimpi-mimpi dan harapanmu, lalu kejarlah!

Berani ambil risiko

Ketika kamu sedang berada di zona nyaman, kamu akan merasa aman dan tidak aka nada sesuatu yang mengusik ketenanganmu tersebut. Namun akibatnya, kamu tidak bisa menjadi sesuatu yang hebat. Mulai detik ini, lakukan satu cara setiap harinya untuk melakukan sesuatu yang lain di luar zona nyamanmu selama ini. Cara ini akan mendorongmu dan membantumu untuk terus maju dan berkembang kea rah yang lebih baik sehingga hidup akan berasa lebih berarti.

Membiarkan orang terdekat tahu perasaanmu

Percayalah, mampu merasakan perasaan cinta dan dicintai adalah salah satu hal terbaik dalam hidup. Ketika kamu mencintai seseorang, tunjukkan hal tersebut lewat kata dan perbuatanmu. Tidak perlu gengsi, ragu, atau malu melakukan hal ini karena tak ada yang dapat menjanjikan hari esok. Melakukan hal ini, tidak hanya menguatkan hubunganmu dengan orang tersayang, namun juga menguatkan dirimu sendiri.

Percaya pada intuisi

Ketika keputusan rasional datang dari pemikiran, intuisimu adalah perasaan yang tahu lebih banyak. Intuisi merupakan petunjuk terbaik dalam hidupmu. Apabila kamu benar-benar memperhatikan dan mengikutinya, hal-hal buruk tidak akan terjadi dan datang menghampirimu. Ketika kamu melakukan segala sesuatu dan hanya bergantung pada pemikiran dan logika,  kamu akan melewatkan banyak kesempatan yang ditawarkan oleh intuisimu sendiri.

Berbaik hati pada siapapun

Kebaikan yang disengaja adalah hal terbaik yang bisa kamu berikan untuk orang lain. Hal ini bisa jadi menciptakan keajaiban dalam hidup orang lain baik kamu sadari maupun tidak. Senyum dan kebaikan kecil bisa jadi mencerahkan hidup orang di sekitarmu. Pastikan selalu kamu memanfaatkan waktu hidupmu ini dengan menebar kebaikan dan berbaik hati dengan orang lain. Karena, sebaik-baiknya peninggalan adalah sikap yang baik.

Mengubah kegagalan menjadi batu lompatan

Kamu tidak perlu memutuskan untuk berhenti ketika sedang mengalami kegagalan. Mungkin kamu berpikit kamu sudah gagal, namun kenyataannya tidak, kok. Jangan berhenti berusaha. Kamu belum gagal. Kamu hanya masih tersandung ketika melewati jalanan terjal melewati mimpi dan tujuanmu. Jadikan hal ini kesempatan sebagai pembelajaran yang membuatmu berkembang di hari esok agar kamu mampu melangkah lebih jauh lagi.

Menjadi diri sendiri

Mungkin ini terdengar klise, namun hal ini memang benar dan sebaiknay kamu terapkan dalam keseharianmu. Kamu betul-betul tidak perlu menjadi orang lain, karena masing-masing orang memiliki nilai, kepercayaan, kepribadian beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu tidak perlu menjadi orang lain karena hal tersebut tidak berguna dan justru menutupi keunikan asli dirimu sendiri. Menyukai dirimu yang asli akan membantumu menemukan jati dirimu sebenarnya. Dan kamu tidak akan merasa menyesal seumur hidup dengan berpura-pura menjadi orang lain, tidak menjadi dirimu sendiri.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Minyak Memasak Paling Sehat Yang Akan Menjaga Kesehatan Kamu

Sekarang ini memang banyak sekali jenis minyak goreng,