6-tips-untuk-berubah-dari-introvert-ke-ekstrovert

Jika kamu dikenal sebagai sosok yang tertutup, pendiam dan sulit untuk berkenalan dengan orang baru, bisa jadi kamu adalah seorang introvert. Namun bukan berarti kamu asosial. Justru, kebanyakan orang yang memiliki kepribadian introvert, akan menjadi teman baik yang menyenangkan.

Semua orang membutuhkan komunikasi dan relasi dengan orang lain, termasuk orang-orang introvert. Jika kamu adalah pekerja atau memiliki aktivitas yang diharuskan untuk berbicara di depan banyak orang atau harus bertemu dengan orang-orang baru, kamu tidak perlu nervous dan takut. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk berbaur dengan luwes.

Keluar dari Zona Nyaman

Ketakutan yang kamu miliki jangan sampai menjadi hambatan kamu dalam bergaul dengan orang baru. Lakukan apapun agar kamu keluar dari zona nyamanmu selama ini. Ambil waktu pertemuan yang sesuai untuk menarik dan berkenalan dengan orang lain. Ketika berbicara dengan orang baru, atau orang lain, fokuslah pada diri mereka, cerita-cerita mereka.

Kualitas Pertemuan, Bukan Kuantitas

Alangkah baiknya kamu menghabiskan waktu lama dengan sejumlah orang daripada menghabiskan waktu untuk bertemu orang banyak namun tidak membawa efek positif bagi dirimu. Kita mungkin akan lebih merasa nyaman ketika mampu mengenal lebih dalam seseorang dalam sebuah percakapan. Kualitas hubungan dengan orang lain lebih baik kamu ciptakan daripada memikirkan seberapa banyak harus membangun relasi dengan orang baru.

Bahasa Tubuh

Sebagai orang yang cenderung introvert, kamu akan menemui kesulitan dalam mengungkapkan kata-kata. Kamu masih tetap bisa kok menyampaikan apa yang kamu maksud dan fikirkan melalui bahasa tubuh. Mulai dari postur tubuh yang tegap, jabat tangan dan tatapan mata yang mengisyaratkan bahwa kita bukan hanya mendengarkan tapi juga memperhatikan dan menangkap maksud pembicaraan orang lain.

Nikmati Diri dan Keadaanmu

Tidak ada yang lebih menarik dan penting dari sebuah ketulusan dalam pembicaraan dengan orang lain. Sikap positif akan menjadi magnet sosial bagi lawan bicara. Cobalah untuk mengamati para professional yang sedang berbincang dengan rekan mereka, mereka bukan hanya fokus untuk mendapat informasi namun juga menikmati percakapan dan menghormati lawan bicara. Kamu juga perlu tampil percaya diri dan rapi di hadapan orang lain bukan hanya untuk orang lain, namun juga untuk kepuasan batinmu sendiri.

Langkah-langkah sederhana tersebut akan sangat membantumu. Kamu tidak perlu berkecil hati bahwa pada kenyataannya kamu sulit memiliki teman baru yang banyak. Justru orang berkepribadian introvert lebih bisa menjaga hubungan baik dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Kebahagiaan. Sebaiknya Jauhi Sebelum Terlambat!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kesalahan Makeup yang Bikin Kamu Jadi Berjerawat

Mengalami jerawat saat masih anak-anak adalah sebuah hal