diet

 

Menurut beberapa ahli makan malam sebaiknya tidak lebih dari jam tujuh malam, karena agar makanan yang dikonsumsi tidak menumpuk menjadi kalori berlebih saat tidur sehingga menyebabkan kegemukan.

Selain waktu yang perlu diperhatikan, menu makanannya juga perlu diperhatikan ladies karena beberapa jenis makanan dapat menyebabkan perut kembung, kegemukan atau membuat sulit tidur menyenyak, nah berikut adalah makanan yang harus dihindari saat malam tiba.

 

  • Makanan Berminyak dan Berlemak. Makanan berminyak dan berlemak tinggi tidak hanya akan membuat tubuh terasa lesu di keesokan paginya tapi juga ‘menyiksa’ perut. Hidangan yang kalori, lemak maupun minyaknya terlalu banyak akan membuat tubuh kepayahan dalam mencerna.

 

  • Karbohidrat Tinggi. Sepotong tipis cake cokelat mungkin tidak bermasalah bagi tubuh. Tapi jika dua potongan besar yang Anda santap sebagai penutup makan malam, akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Makanan berkarbohidrat tinggi, otomatis juga mengandung gula yang tinggi meskipun rasanya tidak manis. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat –terutama yang jenis sederhana– akan menimbulkan lonjakan gula darah. Kadar gula darah tinggi akan membuat Anda sulit tidur nyenyak dan akhirnya merasa lemas di pagi harinya.

 

  • Daging Merah atau Protein Tinggi. Daging merah dan makanan berprotein tinggi lainnya cenderung sulit dicerna oleh tubuh. Proses pencernaan protein hingga terserap ke tubuh memerlukan waktu lama sehingga bisa menyulitkan tidur.

 

  • Makanan Pedas. Cabai dan merica bisa membuat perut terasa tidak nyaman. Selain itu capsaicin, zat di dalam cabai yang menimbulkan rasa pedas bisa menstimulasi indra pengecap Anda, sehingga Anda sulit tidur cepat dan nyenyak.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

HIV/AIDS Penyakit Berbahaya, Menular & Mematikan, Berikut Beberapa Ciri & Cara Menghindarinya

Hal Mendasar Yang Bisa Jadikan Kamu Lebih Paham