Faktor hormonal dan usia serta kegemaran bereksperimen dengan rambut seperti rebonding, coloring dan sebagainya, bukanlah satu-satunya penyebab rambut rontok. Makanan yang masuk ke dalam tubuh pun bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Disebutkan dalam laman www.livestrong.com, ada beberapa jenis makanan yang berpotensi menyebabkan kerontokan rambut, salah satunya makanan pedas. Rasa pedas memicu sirkulasi darah secara ekstrem sehingga menimbulkan keringat yang berlebih.

Keringat itu lalu membentuk sebum, semacam zat berminyak yang terdiri dari lemak dan keratin, dan menutupi kulit kepala yang alhasil membuat kulit kepala kesulitan bernafas dan kekurangan oksigen.

Asupan oksigen yang minim akan menyebabkan kulit kepala rusak dan menutup folikel rambut atau kantung kecil tempat akar satu helai rambut berada.

Di samping makanan pedas, makanan berlemak seperti gorengan juga masuk dalam daftar makanan yang dapat memicu kerontokan rambut. Alasannya, kolesterol tinggi yang terkandung dalam gorengan dapat mengganggu metabolisme tubuh yang berujung pada masalah kerontokan.

Minuman beralkohol juga kopi yang dikonsumsi berlebihan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Hasil studi dari Universitas Maryland mengungkapkan bahwa alkohol serta stimulan lainnya seperti kopi dan rokok mengambil peranan penting dalam masalah rambut rontok.

Agar masalah rambut rontok tak berkelanjutan, sebaiknya mulai ganti pola makan kamu menjadi lebih sehat dan bergizi. Saat sarapan misalnya, pilih menu yang mengandung protein seperti daging merah, ikan, putih telur, ayam.

Protein sangat dibutuhkan untuk membentuk keratin yang berfungsi melindungi rambut. Selain itu, asupan zat besi juga penting untuk pertumbuhan rambut.

Asupan zat besi bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan.

hair-fall-Panache-India-Indian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Sepelekan! Inilah Manfaat SPF yang Hakiki untuk Kulitmu

Aktivitas keseharian tentu tak akan lepas dari sengatan