Kenali Manfaat Ajaib Dari Chia Seed Yang Fenomenal

Beberapa waktu belakangan ini chia seed ramai diperbincangkan di kalangan penyuka makanan organik. Bentuknya memang kecil, tapi konon manfaatnya sangat bagus untuk tubuh terutama bagi yang ingin turukan berat badan. Apakah benar demikian?

Mengenal Chia Seed Lebih Dalam

Perlu diketahui jika chia seed adalah jenis biji kecil yang asalnya dari tanaman yang tumbuh di kawasan Meksiko dan juga Amerika Selatan bernama Salvia hispanica L. Namun, saat ini chia seed sudah masuk ke Indonesia sehingga menjadi makanan organik yang terfavorit. Rasa chia seed pun cenderung hambar. Kamu bisa menyantapnya dengan cara direndam di air beberapa menit atau bisa juga dengan dicampur ke minuman atau makanan. Beberapa jenis makanan yang kerap ditambahkan dengan chia seed yakni salad, sup hingga jus.

Nutrisi di dalam Chia Seed

Manfaat dari chia seed tentu tidak bisa dilepaskan dari nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan nutrisi yang ada di chia seed mulai dari karbohidrat, air, serat, protein, asam lemak omega 3 dan berbagai macam vitamin serta mineral. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di chia seed mulai dari vitamin A, vitamin B, fosfor, selenium, kalium, zat besi, tembaga dan masih banyak lagi. Bahkan chia seed pun mengandung antioksidan yang kuat misalnya asam klorogenik, kaemferol, quercetin hingga asam kafeik. Pastinya senyawa antioksidan ini memiliki peran penting dalam membantu untuk perangi penyakit kronis misalnya kanker dan jantung.

Manfaat Chia Seed yang Fenomenal

Sesuai dengan penjabaran akan kandungan nutrisi yang ada di chia seed tersebut, maka tentunya manfaat yang ada pada di chia seed ini tidak bisa disepelekan. Berikut ini beragam manfaat chia seed yang perlu kamu tahu.

  • Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang ada di chia seed ini sangat tinggi sehingga tidak heran jika bisa turunkan berat badan. Sudah bukan rahasia jika kandungan serat tinggi di makanan bisa jadi solusi untuk menjadikan perut kenyang dengan lebih lama. Protein yang ada di chia seed pun bisa jadikan keinginan makan berkurang.

  • Baik bagi kesehatan tulang

Protein dan mineral yang ada di chia seed misalnya kalsium, magnesium, mangan hingga fosfor amat baik untuk bisa dukung kesehatan tulang dan juga cegah osteoporosis. Selain itu, kamu juga harus tahu jika chia seed pun baik sebagai sumber kalsium.

  • Memelihara kesehatan jantung

Kandungan protein, antioksidan, serat hingga lemak baik yang ada di chia seed terkenal sangat tinggi sehingga bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan jantung. Sudah ada penelitian yang menunjukkan jika konsumsi chia seed mampu lindungi jantung dari kondisi pengerasan pembuluh darah serta penyakit jantung.

  • Baik untuk penderita diabetes

Sudah ada penelitian yang menujukkan keterkaitan dari konsumsi chia seed dengan adanya penurunan risiko diabetes tipe 2 lho. Tentunya ini jadi kabar gembira dimana chia seed bisa cegah gula darah melonjak di tubuh. Efek ini adalah karena kandungan gizi di chia seed bisa bantu gula darah stabil.

Baca Juga:

Manfaat dari Teh Mentega

REVIEW NYX Luv Out Loud Liquid Lipstick

Inspirasi Keren dari Beauty Blogger Indonesia yang bisa Kamu Jadikan Contoh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Waspadai Makanan Tinggi Lemak Trans Dengan Bahaya Yang Dibawanya

Waspadai Makanan Tinggi Lemak Trans Dengan Bahaya Yang