Bunga melati merupakan tanaman hias yang punya banyak khasiat untuk kehidupan manusia. Selain manfaat untuk kesehatan, bunga yang menebar wangi menenangkan ini juga juga bermanfaat untuk kecantikan.

  1. Atasi jerawat

Ternyata melati juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan seperti bunga melati, belerang, serta air jeruk nipis. Cara pembuatannya dengan mencuci bersih semua bahan, kemudian di tumbuk hingga halus dan tambahkan jeruk nipis. Kamu bisa mengoleskan di bagian wajah yang terkena jerawat, diamkan 10 hingga 20 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini sehari dua kali.

  1. Menghaluskan kulit tubuh

Mungkin saat ini para wanita begitu memimpikan memiliki tubuh yang halus dan lembut. Untuk mendapatkannya, Kamu tidak perlu menggunakan perawatan yang harganya sangat mahal. Kamu bisa memanfaatkan melati, berikut caranya:

Siapkan segenggam melati, cuci hingga bersih dan tumbuk halus. Tambahkan air mawar, atau olive oil. Bila Kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Kamu bisa mencampurkan susu atau pun madu. Oleskan di kulit dengan merata, gosok-gosok hingga 20 menit. Kamu bisa menggosok atau mengoleskannya sambil diberi pijatan agar semua sel kulit yang telah mati bisa terangkat keluar. Bersihkan dengan menggunakan handuk basah. Bilas hingga bersih. Kamu bisa menggunakan masker ini 2 hingga 3 kali di dalam 1 minggu.

  1. Menghilangkan bau badan

Apa artinya jika sudah tampil cantik tapi tubuh mengeluarkan aroma tak sedap alias bau badan. Pasti kecantikan kamu langsung menjadi tak berarti, dan membuat yang melihat jadi illfeel. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk menghilangkan bau badan tak sedap yang melekat pada tubuh, yaitu menggunakan ramuan bunga melati. Caranya, siapkan 30 kuntum bunga melati dicuci, masukkan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, embunkan semalaman. Minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.

  1. Menguatkan Rambut

Bukan hanya lidah buaya atau daun waru yang bermanfaat untuk menguatkan rambut mengatasi kerontokan. Bunga melati juga bisa digunakan untuk menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok. Siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pkamun wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar, dan 4 liter air. Minyak kelapa dan minyak wijen dicampur dan panaskan. Seluruh daun lainnya dan kemiri ditumbuk hingga halus. Semua bahan yang ada kemudian dicampur dan dipanaskan diatas api kecil selama 20 menit. Air rebusan disaring dan didinginkan. Sesudah dingin, oleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan ini sehari dua kali sebelum mandi.

  1. Mencegah penuaan dini

Mengkonsumsi satu cangkir teh bunga melati setiap hari dipercaya dapat membuat kulit awet muda. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada teh bunga melati mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit rusak. Jadi jika Kamu ingin selalu terlihat awet muda, selain berolahraga secara teratur, barengi dengan meminum secangkir teh bunga melati setiap hari.

j3

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hindari Kesalahan Make Up Berikut Agar Kamu Tidak Terlihat Aneh Saat Berada Di Publik

Berpenampilan cantik tentu selalu diupayakan oleh setiap wanita.