Pisang adalah bersi alamiah dari permen: secara alamiah, pisang sangatlah manis sehingga segalanya yang kamu pasangkan dengan buah ini jadi secara otomatis terasa seperti dessert.  Namun, pisang juga merupakan versi yang jauh lebih sehat dari permen. Pisang adalah buah yang sangat mudah dimanfaatkan dalam bentuk apa pun, mudah dibawa, terjangkau, dan nikmat. Karena itulah, pisang merupakan salah satu buah yang paling terkenal di seluruh dunia. Namun, apakah pisang sebenarnya sehat buat kamu? Jika kamu masih ragu mengkonsumsi pisang, berikut adalah berbagai manfaat pisang yang pasti akan membuat kamu jadi tak ragu lagi untuk memasukkan buah ini dalam diet rutinmu.

Pisang sangat kaya dengan potasium

Sebuah pisang berukuran medium saja mengandung 422 miligram potasium, atau sekitar 12 persen dari yang kamu butuhkan setiap harinya. Tubuhmu butuh banyak mineral untuk bisa beroperasi dengan normal. Elektrolit ini membantu otot-ototmu berkontraksi, syarafmu berfungsi, menggerakkan zat gizi ke dalam sel-sel tubuh dan limbah keluar dari tubuhmu, mengatur detak jantung, dan meregulasi sodium di tubuhmu. Jadi, ketika tubuhmu tidak mendapatkan cukup potasium, tekanan darahmu akan naik dan resiko batu ginjalmu pun bisa meningkat. Kamu akan merasa lelah dan lemah, bahkan kamu mungkin akan mengalami keram otot. Potasium merupakan salah satu manfaat pisang yang aling dicari.

Pisang membantumu terus terhidrasi

Aneh memang mendengar bahwa hidrasi adalah salah satu manfaat pisang, bukankah buah ini benar-benar merupakan makanan padat? Namun, potasium memainkan peran yang sangat besar dengan membantu meregulasi keseimbangan cairan di tubuhmu, terutama elektrolit yang hilang dari tubuhmu (seperti sodium, magnesium, kalsium, dan potasium) setelah kamu berolahraga atau beraktivitas hingga berkeringat. Karena itu, atlet sering diinstruksikan untuk mengonsumsi makanan kaya potasium untuk melawan ketidakseimbangan ini.

Bahan bakar sempurna sebelum olahraga

Makanan-makanan terbaik untuk dikonsumsi sebelum kamu berolahraga adalah yang mengandung gula (karbohidrat) alamiah untuk energi, tetapi tidak terlalu keras dan jahat terhadap lambungmu. Pisang adalah makanan dengan karakteristik seperti ini, dan sangat mudah dimasukkan ke dalam tas gym. Selain itu, riset menunjukkan bahwa pisang memiliki senyawa unik yang bisa meningkatkan performa atletik. Selain itu, pisang juga bisa jadi menguntungkan untuk olahragamu karena senyawa yang dikandungnya.

Pisang sangat baik untuk jantungmu

Selain itu, mineral yang sangat penting ini juga sangat baik bagi jantungmu. Ini adalah manfaat pisang yang sangat dicari banyak orang. Riset menunjukkan bahwa makan banyak pisang bisa mengurangi tekanan darah secara signifikan dan mengurangi resiko stroke. Ini karena potasium bisa membantumu menghilangkan sodium yang terlalu banyak dalam tubuh. Sodium yang terlalu banyak akan bebrbahaya bagi jantung. Pisang membantu menghilangkannya lewat urine, sehingga mengurangi potensi kerusakan di masa depan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

3 Fakta Nutrisi Ini Adalah Mitos, Jangan Percaya!

Mitos tentang nutrisi telah beredar luas dan dipercaya