Teh hijau merupakan salah satu teh yang dibuat dari daun teh Camellia Sinensis yang dipetik dan mengalami proses pengeringan untuk mencegah oksidasi.

Teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh karena antioksidannya yang tinggi. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan vitamin, saponin, theophyline, theobromine dan lainnya yang dapat melawan infeksi dan membantu menjaga agar suhu tubuh tetap optimal.

Memperlambat proses penuaan, mencegah keriput, mencegah kanker, melindungi kulit dari sinar matahari, mengatasi jerawat, dan lain-lain merupakan manfaat dari teh hijau. Kamu dapat mencoba menggunakan teh hijau dengan 2 cara, yaitu dengan cara di minum atau dengan menggunakan ampas teh hijau.

Manfaat-teh-hijau

  1. Mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Apakah kamu mempunyai masalah dengan jerawat dan kulit berminyak?  Kamu dapat mencoba untuk menggunakan teh hijau untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menuangkan teh hijau pada cetakan es, lalu simpan ke dalam lemari es. Kemudian setelah membeku, usapkan teh beku tersebut pada daerah wajah setiap hari secara perlahan dan merata.

Setelah itu biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Sedangkan untuk mengatasi masalah jerawat, kamu dapat mencobanya dengan mengompres jerawat dengan kantong teh atau dengan cara membuat masker dari daun teh yang dicampur dengan putih telur.

  1. Mencegah napas tak sedap

Memiliki anti bakteri alami yang dapat membunuh bakteri hidup di dalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut merupakan manfaat dari teh hijau. Kamu bisa mencoba menghilangkan bau mulut dengan menggunakan teh hijau. Caranya adalah berkumur-kumur dengan teh hijau atau dengan meminum seteguk teh hijau untuk membantu mencegah bau nafas yang tidak sedap. Usahakan kekentalan teh yang kamu minum pas yaitu 1 kantong teh untuk 1 cangkir.

  1. Menghilangkan kantung mata

Apakah kamu memiliki masalah dengan kantung mata atau mata panda akibat kurang tidur? Kamu dapat mencoba untuk menghilangkan masalah tersebut dengan cara menyeduh teh hijau murni dengan air panas selama 10 menit, setelah itu sisihkan dan simpan ke dalam lemari es.

Kemudian celupkan sepotong kapas kedalam larutan teh tersebut dan tempelkan pada kelopak mata selama 10 menit. Selain itu kamu juga dapat mencoba dengan cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan kantung teh celup bekas pakai yang sebelumnya sudah didinginkan di dalam lemari es.

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Sering beraktivitas diluar rumah dan sering terkana paparan sinar matahari dapat membuat kulit rusak. Kamu dapat melindungi kulit tubuh dengan memakai teh hijau. Caranya adalah dengan menyeduh 2 sendok makan daun teh, lalu diamkan hingga dingin.

Setelah dingin, saring air teh dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian kulit yang akan terkena sinar matahari. Lalu diamkan hingga mengering. Sebaiknya lakukan pengompresan sekitar 30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah.

  1. Untuk facial scrub

Kamu dapat menggunakan teh hijau sebagai facial scrub untuk melembutkan dan menghaluskan wajah, dengan cara mencampurkan 1 sendok teh cornmeal dengan teh chamomile, lalu gunakan sebagai scrub dan gosokkan dengan lembut pada permukaan wajah. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Mengatasi kulit kering dan lembab

Apakah kamu memiliki masalah dengan kulit kering? Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan cara membuat masker teh dengan campuran oatmeal dan lemon. Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa sendok air teh dengan beberapa tetes jeruk lemon ke dalam 3 sendok oatmeal. Setelah itu usapkan ke seluruh bagian wajah sambil dipijat ringan dengan gerakan memutar. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Baca juga Rambut Lebat dengan Keramas Menggunakan Pakai Teh Hijau

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikutin Tips Berikut Agar Tetap Cantik Dan Tampil Eksotis Dengan Kulit Sawo Matang Kamu

Definisi cantik tak harus selalu wanita dengan kulit