Vanilla-scented-apricots-hero-9ecae04b-da87-4faa-a77e-6e92e9be7ba5-0-472x310

Vanila lebih sering dimanfaatkan untuk membuat aroma dan rasa pada kue, puding, atau makanan manis lainnya. Tetapi tahukah Kamu kalau vanila juga bisa dimanfaatkan untuk diet, bahkan mengusir serangga.

Di balik rasanya yang istimewa, vanila mengandung antioksidan tinggi. Kamu bisa memanfaatkannya mempercantik dan mencerahkan kulit.

Berikut empat fungsi vanila yang mungkin belum Kamu tahu, seperti dilansir dari Healthmeup.

1. Mengurangi nafsu makan
Aroma vanila akan membuat Kamu makan lebih sedikit. Hal ini disebabkan wangi vanila yang ‘menipu’ otak. Aromanya membuat otak berpikir kalau Kamu sudah makan lebih banyak dari sebenarnya. Jadi, tak ada salahnya untuk menghirup vanila sebelum makan, untuk membantu mengontrol nafsu makan.

2. Pengusir serangga
Vanila juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga. Nyamuk sangat tidak tahan dengan bau vanila, jadi Kamu bisa menjadikan vanila sebagai bahan penyemprot serangga yang aman dalam rumah. Untuk membuatnya campur saja dua ons ekstrak vanila dengan dua ons air dalam botol semprot kecil. Kamu pun memiliki penangkal serangga yang harum dan aman.

3. Pengharum rumah
Untuk membuat rumah terkesan hangat, aroma juga harus diperhatikan. Tak perlu menggunakan pengharum ruangan buatan yang terbuat dari bahan kimia. Manfaatkan saja minyak aromaterapi vanila. Bakar minyak tersebut selama beberapa menit. Atau, Kamu bisa mencampur minyak dengan air dalam botol penyemprot. Lalu, semprotkan di seluruh sudut ruangan rumah.

4. Melembutkan kulit
Vanila mengandung antioksidan tinggi. Beberapa ahli kulit memanfaatkan vanila untuk melindungi kulit dari racun. Kamu bisa membuat pembersih wajah sendiri yang terbuat dari bubuk vanila. Campur perasan jeruk satu jeruk Lemon, satu sendok bubuk vanilla, satu sendok makan gula palm dan tiga tetes minyak vanila esensial. Aduk hingga campuran merata, lalu aplikasikan pada wajah sambil berikan pijatan ringan. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

Baca juga Rajin Minum Air Rendaman Timun, Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Sepelekan! Inilah Manfaat SPF yang Hakiki untuk Kulitmu

Aktivitas keseharian tentu tak akan lepas dari sengatan