o-sugar-bowl-facebook

Bagi sebagian besar orang, gula dianggap tidak baik karena penyebab beberapa penyakit fatal yang mempengaruhi organ tubuh lain. Mengonsumsi makanan atau minuman manis secara terus menerus setiap hari akan berpengaruh buruk. Jika orang sudah kelebihan kadar gula dalam tubuhnya, penyakit diabetes dan penyakit komplikasi lainnya akan muncul. Jika kamu termasuk orang yang suka makan yang manis-manis, perhatikan pola konsumsi dan pastikan tidak terlalu berlebihan. Kamu bisa tetap mengonsumsi makanan atau minuman yang manis dengan pengganti gula yang lebih sehat seperti berikut ini:

Gula Kelapa

Kamu bisa mengganti gula tebu dengan gula kelapa yang memiliki kadar glikemik yang rendah ketimbang gula tebu. Rasa manis gula kelapa dapat menjadi substitusi rasa manis dari gula tebu, lho. Ditambah lagi, gula kelapa ini juga lebih menyehatkan.

Madu

Madu merupakan substitusi terbaik dari gula tebu. Ini adalah zat pengganti terbaik untuk gula tebu. Selain menyuguhkan rasa manis alami, madu juga bersifat anti-bakteri. Perlu diingat bahwa madu mengandung kalori lebih tinggi dari gula tebu dan rasanya lebih manis, sehingga tak perlu terlalu banyak mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman

Xylitol

Xylitol juga bisa menjadi pengganti rasa manis dari gula tebu. Xylitol diperoleh dari buah dan sayuran yang memiliki serat. Zat ini menyehatkan tubuh karena dapat mencegah perkembangan bakteri.

Sirup Beras Merah

Sirup beras merah ini dibuat dari beras merah yang direbus. Manisnya sirup beras merah lebih menyehatkan ketimbang gula tebu yang memiliki kadar glikemik yang tinggi. Biasanya, rasa manis sirup beras merah ditambahkan ke kue.

Kurma

Manis yang diberi oleh madu lebih menyehatkan dan bisa menjadi substitusi gula tebu. Selain menyehatkan, kadar glukosa dalam buah kurma akan lebih lama bertahan di dalam tubuh karena kandungan glukosanya terserap lebih lama dari pada kandungan glukosa pada gula tebu yang terserap lebih cepat.

Jadi, banyak alternatif lain yang lebih menyehatkan untuk mengonsumsi yang manis-manis. Pilih dengan bijak demi kesehatanmu, ya girls!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Merawat Kaki Kamu Saat Musim Hujan

Saat musim hujan seperti ini, penting untuk diingat