Memiliki masalah jerawat di wajah memang bukan hal yang menyenangkan. Tidak heran jika para pemilik wajah berjerawat ini kerap berusaha untuk menutup kekurangan di wajah dengan penggunaan make up. Namun, tentu Anda sering mendengar jika banyak orang menyatakan bahwa wajah berjerawat dilarang menggunakan make up karena bisa memperparah jerawat. Lalu bagaimana solusinya?

Memang jerawat bukan hal yang bisa dianggap remeh temeh. Perawatan asal-asalan dan juga salah bisa menjadikan kondisi jerawat kian memburuk dan makin banyak. Perlu diketahui jika jerawat disebabkan karena kelebihan pada produksi minyak di kelenjar minyak kulit sehingga menyumbat pori lalu membentuk komedo. Pori tersumbat kemudian akan bisa menjadikan bengkak, kemerahan dan peradangan yang dikenal dengan jerawat. Untuk itu, pemilihan make up pun dianjurkan yang bisa kurangi minyak dan tak akan sumbat pori.

Pembersih wajah

Sebelum make up diaplikasikan, penting sekali untuk bisa bersihkan wajah lebih dulu. Tujuannya adalah agar kotoran serta minyak di wajah bisa terbuang dan wajah pun segar. Untuk kulit berjerawat, direkomendasikan memakai pembersih yang tidak ada kandungan scrub. Pembersih dengan busa lembut dan halus sangat direkomendasikan.

Liquid foundation

Untuk wajah berjerawat, foundation yang direkomendasikan adalah foundation cair dimana memiliki tekstur ringan. Dengan penggunaan liquid foundation, maka pori tak akan tersumbat dan kilap karena minyak pun bisa terhindarkan. Foundation dengan kandungan SPF lebih disarankan sehingga bisa lindungi dari sinar matahari.

Concealer

Concealer akan bisa jadi penyelamat untuk para pemilik wajah berjerawat. Hal ini lantaran concealer akan bisa menyamarkan bagian di wajah yang kurang sempurna misalnya jerawat. Disarankan mencari concealer yang warnanya satu tingkat di atas kulit kamu sehingga hasilnya tidak belang pada kulit wajah.

Bedak tabur

Jika foundation dan concealer sudah diaplikasikan, langkah lanjutan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menguncinya menggunakan bedak tabur. Bedak tabur lebih direkomendasikan karena kandungan minyaknya lebih sedikit jika dibanding bedak padat. Pakai brus atau spons bersih sehingga bedak bisa lebih rata.

Blush on

Blush on kerap dianggap sebagai salah satu penyebab jerawat. Sebetulnya tidak selalu demikian. Jika kulit kamu sedang dalam kondisi berjerawat, maka yang harus diperhatikan justru adalah spons atau brush yang digunakan. Biasanya karena kotornya brush dan spons inilah yang justru bisa menjadikan bakteri dan kuman sehingga jerawat pun timbul.

Eye shadow

Sama halnya dengan blush on, penggunaan eye shadow pun sebetulnya dengan tips yang sama. Namun, karena pemakaian eye shadow cenderung terpusat ke area yang lebih sensitif yakni di area mata, maka pakai dengan lebih lembut. Usahakan untuk memilih eye shadow yang tidak berbubuk sehingga tidak ada bubuk yang masuk ke mata sehingga bisa timbulkan iritasi.

Make up remover

Usai beraktivitas sepanjang hari dengan tempelan make up di wajah, maka kamu juga perlu memperhatikan kebersihannya. Hapus seluruh make up sebelum tidur dengan memakai make up remover. Penghapusan make up ini harus sampai benar-benar bersih sehingga tidak ada bekas make up yang menempel di wajah. Tuang make up remover secukupnya ke kapas lalu bersihkan make up. Selanjutnya bersihkan dengan facial foam juga sehingga maksimal.

Baca Juga Punya Mata & Kulit Sensitif? Cobalah Tips Makeup Yang Luar Biasa Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Wajib Tahu! Ternyata Ini Yang AkanTerjadi Bila Kosmetik Mengandung Paraben

  Kosmetik tentu sudah jadi bagian dari kehidupan