Jerawat memang bisa dibilang sebagai masalah sejuta umat. Ya, banyak sekali yang memiliki masalah jerawat ini baik pria hingga wanita. Untuk mengatasinya, banyak orang yang langsung memilih untuk ke dokter kulit atau klinik sehingga bisa mendapatkan treatment yang tepat. Tapi sebetulnya, permasalahan jerawat ini bisa kamu handle dengan memperhatikan skincare routine yang kamu pakai lho.

 

Pemakaian skincare routine untuk wanita tentu sudah menjadi kebiasaan yang tidak boleh dilepaskan. Mungkin untuk pemilik kulit normal, maka skincare routine yang diaplikasikan cenderung simpel dan sederhana. Tapi bagi mereka yang punya masalah dengan kulit berjerawat maka harus lebih detil lagi dalam pemakaian skincare routine. Berikut ini urutan skincare routine yang bisa kamu coba untuk atasi masalah jerawat.

 

Cleansing

Tahap skincare routine yang pertama dan utama yakni membersihkan wajahmu dulu dari semua kotoran yang menempel. Awali dengan membersihkan menggunakan sabun wajah. Jika kamu suka menggunakan make up, maka sebelum menggunakan sabun wajah juga bisa diawali dengan micellar water dan cleanser sehingga make up terangkat.  Pastikan kamu memilih pembersih yang sifatnya gentle sehingga tak akan menjadikan kulit menjadi kering.

 

Toning

Jika wajah sudah bersih, maka kamu harus memastikan agar semua kotoran dan sisa sabun sudah terangkat semua. Caranya, ya pakai toner saja. Toner dengan kandungan vitamin C sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat sehingga pori dan komedo pun juga bisa bersih. Perhatikan ya, jangan sampai kamu pakai toner dengan kandungan alkohol karena bisa jadikan jerawat makin iritasi.

 

Eksfoliasi

Sepele sih, tapi perannya penting banget untuk bisa angkat sel kulit mati. Jerawat kamu akan bisa makin parah lho jika sel kulit matinya menumpuk. Kamu bisa memilih eksfoliasi dengan memakai krim atau cairan berupa AHA/BHA sehingga sel kulit mati terangkat dan pori tersumbat bisa lebih bersih. Namun, ada baiknya jika eksfoliasi dilakukan saat malam hari lantaran umumnya produk seperti ini mengandung bahan aktif sehingga rentan pada cahaya matahari.

 

Moisturizing

Lanjutkan dengan melembabkan kulitmu. Pelembab meski kamu punya kulit berminyak dan berjerawat tetap penting banget. Dengan pelembab, maka kulit akan bisa terhidrasi secara maksimal.


Spot treatment

Jika wajah sudah dilembabkan, lanjut dengan menggunakan spot treatment. Ini adalah part yang amat penting dalam skincare routine kamu dimana kamu bisa mengaplikasikan berupa krim ataupun gel. Pemakaian obat jerawat bagusnya adalah di malam hari lantaran bisa jadikan kulit menjadi sensitif dan kering.  Tentunya obat jerawat yang dipakai harus hasil dari konsultasi dokter lho ya.

 

Sunscreen

Akhiri skincare routine kamu dengan penggunaan sunscreen. Ini penting sekali sehingga kulit bisa terlindungi seluruhnya dari sinar matahari. Setidaknya kamu harus menggunakan sunscreen SPF30.

 

Dengan demikian, selesai sudah rangkaian skincare routine khusus untuk kulit berjerawat kamu. Yang jelas, kamu wajib terus memperhatikan kebersihan kulit sehingga jerawat tidak akan sering muncul. Selain itu jangan lupa jika apa yang kamu konsumsi pun bisa jadi penyebab jerawat lho sehingga wajib diperhatikan benar.

 

Baca Juga :

Ini Dia! Urutan Skin Care Malam Yang Tepat Untuk Hasil Yang Maksimal

Cara Menggabungkan Gliserin ke Dalam Skin Care Rutin Kamu

Satu Alat Aneh yang Perlu Kamu Tambahkan ke Skin Care Rutinmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Cantik Ala Margot Robbie Yang Bisa Kamu Tiru

Jika kamu pecinta film Suicide Squade, maka kamu