Ada sebuah mitos yang menyebutkan bahwa mata kedutan adalah pertanda sesuatu hal, entah hal yang baik maupun yang buruk. Sebenarnya kedutan pada mata sangat berkaitan dengan sel saraf yang pergerakannya tidak terkontrol. Walaupun tidak menyakitkan, mata yang kedutan membuat orang jengkel. Kedutan juga bisa dialami oleh semua kalangan, baik yang masih muda maupun yang sudah berumur. Jadi bahwa kedutan adalah pertanda sesuatu hal adalah mitos saja. Karena kedutan dipengaruhi karena beberapa hal, seperti sel saraf yang sulit terkontrol, stress, kurang tidur, kelelahan, mata kaku, kurangnya nutrisi pada mata, dan masih banyak lagi. Biasanya kedutan terjadi beberapa detik, menit, hingga berhari-hari. Tetapi jika kedutan lebih dari satu hari, berarti terjadi masalah pada sistem saraf di mata. Saat sedang kedutan, kamu tidak perlu panik, karena kamu bisa mengatasinya denganh beberapa cara ini, antara lain :

  1. Menggunakan Obat Tetes Mata

Image result for menggunakan tetes mata

Saat kamu kedutan kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan obat tetes mata. Karena kedutan yang kamu alami bisa disebabkan karena mata kering. Biasanya mata yang kering disebabkan karena terlalu banyak menggunakan komputer atau menggunakan kontak lensa. Tetapi sebelum menggunakan obat tetes mata, ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

  1. Istirahat Total

Image result for tidur siang

Salah satu penyebab mata kedutan adalah dikarenakan stress. Apalagi jika kamu memang mempunyai masalah penglihatan. Stress juga bisa disebabkan karena kurang tidur. Jadi untuk mengatasikedutan, salah satunya adalah dengan istirahat total. Jadi sesibuk apapun kamu, kamu harus menyempatkan waktu untuk istirahat. Dengan begitu kondisi kamu akan cepat pulih.

  1. Mengurangi Konsumsi Kafein

Image result for mengurangi kafein

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata yang kedutan adalah dengan mengurangi konsumsi kafein. Jadi buat kamu yang sering mengonsumsi kopi ataupun minuman yang berkafein, kamu harus mulai menguranginya. Karena terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan kedutan. Selain mengurangi konsumsi kafein, kamu juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alcohol.

  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Image result for menjaga pola makan

Selain beberapa cara diatas, sata hal lagi yang penting untuk mengatasi mata yang kedutan. Kamu harus menjaga pola makan yang sehat. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran. Karena dengan pola makan yang sehat dan seimbang akan membuat tubuh dapat bekerja dengan optimal. Sehingga kamu bisa menghindari mata kedutan.

Inilah beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasi mata kedutan. Kamu tidak perlu panik saat mata sedang kedutan. Walaupun tidak sakit, tetapi jika kedutan kamu berlangsung lama sampai lebih dari sebulan, kamu harus segera berkonsultasi ke dokter mata. Jadi kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga Kalau Gak Mau Bulumata Kamu Jadi Botak, Mending Hindari Kebiasaan Ini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf