Apa rutinitas perawatan kulitmu sebelum tidur? Kalau aktor Song Joong-Ki kabarnya selalu membasuh wajah dengan susu sebelum tidur. Itu dilakukan untuk menjaga kulit wajahnya tetap mulus dan cerah. Kegiatan simpel, tapi efek menggunakan susu untuk perawatan wajah ternyata bagus; baik itu untuk mencuci wajah atau digunakan sebagai masker susu.

Eh, tapi kenapa susu itu bagus untuk kulit?  Ingatkah kamu, susu itu terkenal untuk kandungan apanya? Yap, protein! Pada kulit, protein berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel tubuh sehingga mengurangi munculnya kerut. Ada juga asam laktat yang terkandung di dalam susu, dan jenis asam ini ternyata bagus digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Susu juga mengandung kalsium dan potasium yang sangat baik untuk melembapkan kulit kering. Susu juga mengandung berbagai macam vitamin untuk mencerahkan noda gelap hingga menjaga kekenyalan kulit. Wuih, banyak banget kan? Rasanya sayang kalau tidak kita manfaatkan untuk perawatan dari luar.

Untuk kecantikan, salah satu manfaat susu yang paling mudah untuk kulit adalah mengatasi mata lelah. Itu baru di satu area saja. Bagaimana jika susu digunakan untuk perawatan wajah secara keseluruhan? Bisa juga, kok. Untuk menggunakannya sebagai perawatan kulit, ada baiknya kamu memilih raw milk alias susu segar hasil perahan langsung dari sapi (dan tidak direbus).

 

 

MASKER SUSU UNTUK KULIT KERING
Susu-Alpukat

Sebenarnya, masker campuran susu dan alpukat ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Namun, karena alpukat adalah bahan alami yang fungsi utamanya adalah melembapkan, masker ini akan bekerja sangat baik pada kulit kering. Selain melembapkan, alpukat juga kaya akan Vitamin E, lemak sehat, dan minyak alami untuk menutrisi kulit. Alpukat juga bagus untuk membersihkan pori-pori, meredam iritasi kulit, dan berguna juga sebagai anti-aging penghalau radikal bebas. Jika digunakan bersama, tekstur kulit yang kasar akan lebih halus, kulit yang kering akan lebih lembap, dan kulit kusam akibat kelebihan minyak juga akan lebih bersih.

Untuk membuatnya, potong alpukat menjadi 4 bagian. Ambil 1 bagian dan haluskan dengan sendok makan. Campurkan dengan 1 sendok makan susu, aduk rata, dan baurkan pada seluruh wajah. Biarkan hingga 10-15 menit. Jika sudah agak mengering, basuh dengan air hangat. Pastikan wajah telah bersih dari sisa masker, lalu basuh kembali dengan air dingin.

 

MASKER SUSU UNTUK KULIT BERMINYAK
Susu-Madu-Oats

Lagi-lagi,  masker ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, mereka yang memiliki kulit berminyak akan lebih merasakan manfaatnya. Madu memiliki efek anti-iritasi dan anti-bakteri penyebab jerawat. Madu juga terbukti bagus untuk melembapkan dan mencerahkan noda hitam. Lalu, oatmeal bisa digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Oatmeal juga bisa membersihkan pori-pori dengan maksimal dan menyingkirkan minyak berlebih sekaligus melembapkannya.

Sebelum membuat masker campuran ini, pastikan oatmeal yang kamu gunakan telah ditumbuk dengan halus. Madu yang kamu gunakan juga harus madu yang alami, bukan yang sudah diproses. Madu yang diproses bisa menyebabkan iritasi pada kulit, karena sudah tercampur bahan lainnya yang mungkin tak cocok dengan kulit. Campurkan 1 sendok makan susu, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan oatmeal halus ke dalam mangkuk, lalu aduk rata. Baurkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Hindari menggosok-gosokkan ke kulit untuk mencegah iritasi. Setelah itu, diamkan selama 10 menit dan basuh dengan air suam-suam kuku.

 

MASKER SUSU UNTUK KULIT BERJERAWAT
Susu-Lemon-Kunyit

Nah, yang satu ini memang dikhususkan untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat. Ada bubuk kunyit yang membantu meredam jerawat yang meradang sekaligus mencerahkan noda bekas jerawat. Ada juga lemon yang jusnya bisa digunakan sebagai astringent alami. Jus lemon juga membantu menyingkirkan bakteri penyebab jerawat, menyamarkan noda, dan membantu mengempiskan jerawat.

Untuk membuatnya, campurkan 1 sendok makan susu, setengah sendok makan air perasan lemon, dan sejumput bubuk kunyit. Uapkan wajahmu terlebih dahulu selama sekitar 1-2 menit di atas semangkuk air panas untuk membuka pori-pori. Ini dilakukan agar kandungan masker bekerja lebih dalam. Baurkan di wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit. Basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Perbedaan Jenis Kulit Sebelum Kamu Memulai Perawatan

Tampil cantik dengan kulit mulus tanpa noda tentu