Tumbuhan chia merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko kuno dan Guatemala. Tanaman berbunga yang memiliki nama latin salvia hispanica ini masih termasuk keluarga mint yaitu Lamiaceae. Biji dari tanaman ini kecil-kecil dan berwarna kehitaman dan hampir tidak berasa. Namun, dibalik ukurannya tanaman ini menyimpan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan juga kehamilan. Bahkan tanaman ini kabarnya merupakan salah satu tanaman pokok dari Suku Aztec kuno yang rutin ditanam sebagai bahan pangan yang penting. Mau tahu apa manfaat menambahkan biji chia dalam menu sehari-hari?

1. Sebagai sumber energi

 

Biji chia mengandung banyak mineral penting yang dibutuhkan tubuh seperti calsium, magnesium, zat besi, mangan, dan lainnya. Ini adalah sumber energi yang penting untuk menunjang metabolisme tubuh. Oleh karena itu, sering kali disarankan untuk menambahkan biji chia dalam protein shake atau yogurt bagi orang yang rutin berolahraga. Selain itu, mengkonsumsinya saat sarapan juga membantu memberi asupan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan aktifitas.

2. Kaya akan serat

Mengkonsumsi dua sendok makan biji ini saja sudah mencukupi kebutuhan serat tibih sehari-hari. Biji ini bahkan lebih baik daripada beberapa buah dan tanaman dalam hal kandungan serat. Seperti yang sudah diketahui, serat sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan tubuh. Dengan mengkonsumsi serat, lemak dan zat racun dalam usus bisa dibuang keluar dengan mudah karena strukturnya berubah menjadi seperti gelatin ketika dicerna. Hasilnya, usus akan lebih mudah menyerap nutrisi penting dari makanan yang kita konsumsi.

3. Membantu menguatkan tulang

Biji Chia juga sangat baik dikonsumsi anak-anak dan manula karena kaya akan kalsium. Biji ini bahkan lebih baik dari pada mengkonsumsi susu segar setiap hari, terutama bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa. Kalsium dalam biji hitam ini bahkan 2 kali lebih banyak dari pada susu, dan juga tidak mengandung lemak sehingga aman dikonsumsi oleh berbagai usia.

4. Sebagai suplemen diet

Walaupun ukurannya kecil, biji chia bisa memberikan efek mengenyangkan untuk waktu yang lama. Hal ini dikarenakan oleh strukturnya yang bisa berubah menjadi sel dan kandungan nutrisinya yang besar. Banyak pakar diet menyarankan mencampurkan biji ini dalam salad, yogurt, oatmeal dan jus sebagai menu diet. Kandungan nutrisinya bisa memberi tenaga sekaligus mencukupi kebutuhan serat yang sangat penting saat sedang berdiet.

6. Biji chia untuk kehamilan

Biji ini juga mengandung asam lemak omega 3 jenis ALA yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Selain itu, kandungan kalsiumnya yang tinggi bisa membantu dalam pembentukan tulang bayi sejak didalam kandungan. Seratnya yang tinggi bisa membantu ibu mengadung mengatasi masalah pencernaan, susah BAB dan konstipasi. Ditambahlagi, tanaman ini juga sangat aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping bagi kehamilan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rutin Stretching Selama 8 Menit Bisa Mengubah Hidup Kamu

Apakah kamu malas berolahraga? Suka atau tidak suka,