Untuk wanita, kulit merupakan sebuah investasi sehingga tak heran jika kulit wajib dijaga dengan baik. Bahkan tak jarang wanita berani untuk mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah untuk menjaga kecantikannya dengan berbagai macam perawatan canggih. Hal ini karena memang masalah pada kulit amat sangat banyak dan jika tidak ditangani dengan baik tentunya akan bisa merusak penampilan.

 

Masalah yang muncul di kulit diantaranya adalah benjolan-benjolan kecil di wajah. Ya, whiteheads dan juga milia. Benjolannya memang kecil sih, tapi tentunya jika ada di wajah amat terasa mengganggu. Kamu pun jadi berkurang tingkat kepercayaan diri hanya karena benjolan tersebut.

 

Whiteheads dan milia memang memiliki bentuk yang amat mirip yakni benjolan di kulit dengan ukuran amat mungil. Keduanya seringkali juga dianggap sama, padahal beda banget lho. Untuk lebih mengenal keduanya, maka berikut ini penjelasan yang lebih detil tentang whiteheads dan juga milia.

 

Whiteheads

Yang pertama, mari kita membahas tentang whiteheads terlebih dulu. Whiteheads adalah sejenis benjolan yang ada di bawah kulit. Warnanya serupa warna kulit atau bisa juga muncul dengan warna keputihan. Whiteheads sendiri merupakan pori yang tersumbat ataupun clogged pores yang tak mengalami infeksi. Kebanyakan whiteheads sendiri ditemukan di sekitar bibir, dagu, hairlines dan bahkan bisa juga muncul di pipi.

 

Usai kamu mengetahui tentang whiteheads, maka kamu pun pasti juga butuh tips untuk menanganinya bukan? Whiteheads berbeda dengan jerawat lantaran pori-porinya tidak mengalami infeksi. Untuk itu, obat jerawat tidak akan bisa menghilangkan whiteheads ini. Pemakaian obat jerawat di whiteheads justru akan bisa jadikan kulit menjadi kering sehingga sel kulit mati kian menumpuk di whiteheads lho.

 

Lalu gimana cara menghilangkannya dong? Mudah saja, kamu harus menjaga kebersihan kulit secara rutin dan mendalam. Pembersihannya wajib sampai ke pori lho yakni dengan facial. Jangan lupa juga untuk memakai produk berupa eksfoliator sehingga bisa menjaga kebersihan dari pori.

 

Milia

Masuk ke pembahasan tentang milia yakni benjolan kecil yang ada di bawah permukaan kulit. Tekstur dari milia sendiri cenderung keras dan umum ditemukan di daerah tulang pipi serta area mata. Milia tidak menginfeksi dan juga tidak terasa sakit. Milia sendiri tidak selalu disebabkan karena pori tersumbat. Dengan demikian, milia tak disarankan dikeluarkan dengan cara dipencet sendiri di rumah. Hal ini lantaran prosedur nekat seperti ini justru bisa jadikan bekas luka yang sulit hilang lho.

 

Jika kamu ingin menghilangkan milia, ada baiknya kamu ke klinik kecantikan atau ke dokter kulit. Milia hanya bisa dihilangkan oleh profesional karena prosedurnya adalah dengan melubangi kulit lalu memencet milia tersebut untuk keluar. Pembentukan dari milia ini dapat dicegah dengan pemakaian eksfoliator misalnya AHA dan BHA. Produk dengan kandungan salicylic acid juga bisa bantu untuk jaga kebersihan dari pori sampai ke bagian dalamnya lho. Tapi tentunya semua itu wajib dengan saran dan anjuran dari dokter. Dengan demikian prosedurnya pun juga akan aman dan sesuai standar medis.

 

Baca Juga :

Sudah Tahu Milia? Bintik Putih Kecil Yang Muncul Pada Area Wajah. Walaupun Tidak Berbahaya, Tapi Cukup Mengganggu Kan?

Coba Facial ini di Rumah, Hanya dalam 5 Langkah

Kebiasaan Pagi Hari Demi Kulit Sehat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Cantik Ala Margot Robbie Yang Bisa Kamu Tiru

Jika kamu pecinta film Suicide Squade, maka kamu