n-optimism-628x314

Mungkin kamu pernah melihat, berjumpa, atau kenal dengan sosok yang selalu sehat, bugar, dan bahagia sepanjang hari walau usianya sudah beranjak senja. Mungkin kamu juga berpikir bahwa ada sesuatu yang membuatnya selalu berbahagia sepanjang hari sehingga pancaran air mukanya selalu membuat siapapun yang memandang merasa tenang dan sejuk. Ya, kamu pasti berpikir juga bahwa pikiran positif dan jiwa yang baiklah yang membuatnya selalu merasa bahagia. Hal ini adalah hak semua orang, namun tidak semua orang mau mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menerapkan hal tersebut agar pikiran dan jiwamu dapat selalu positif, dengan beberapa cara seperti berikut ini:

Selalu Melihat Sisi Baik

Seyogyanya, semua hal bersifat netral. Positif atau tidaknya adalah tergantung pemikiran dan sudut pandangmu. Cobalah untuk mengubah cara pandangmu terhadap sesuatu dari segi positifnya terlebih dahulu. Niscaya, hidupmu akan damai karena pikiranmu positif dan damai juga.

Menikmati Hal-Hal Kecil

Selalu ingat untuk merenung dan berpikir dalam sehari selama beberapa menit untuk memjelajah dan mengingat-ingat kembali hal-hal yang membuatmu bersyukur sampai detik ini, termasuk kesempatan dari Tuhan untuk mencicipi hari-hari dalam hidup, senyuman pasangan dan anak-anak, pekerjaan yang selesai, dan banyak hal lain. Mensyukuri hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian seseorang tersebut akan membuatmu selalu berbahagia sepanjang hari.

Memanjakan Diri

Cobalah untuk melakukan home treatment atau pergi ke salon sekali-kali untuk memanjakan dirimu. Jangan karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, tubuhmu jadi terbengkalai dari perhatianmu. Padahal, pijatan lembut pad atubuh dapat membantumu merasa lebih tenang sehingga pikiranmu semakin jernih dan pada akhirnya kamu akan merasa bahagia.

Mengingat Hal Indah

Setiap orang pasti memiliki momen indah dan berkesan yang sulit terlupa. Ketika kamu sedang dalam situasi sulit dan moodmu tidak baik, cobalah untuk mengingat-ingat momen atau keadaan seru dan menyenangkan atau keadaan terbaikmu yang membuatmu merasa begitu berharga dan bahagia.

Menulis Keluhan

Jika kamu sedang dalam situasi sulit yang tidak menyenangkan, usahakan untuk selalu menulis perasaanmu di atas secarik kertas atau di agenda sehari-harimu. Dengan menulis, kamu dapat meluapkan emosi dengan cara yang positif. Hal ini akan membantu menenangkan pikiranmu juga.

Jadi, tidak ada alasana untuk tidak berbahagia sepanjang hari. Yuk, biasakan!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Punya Masalah dengan Percaya Diri? Begini Caranya Ningkatin Rasa Pedemu

Jika kamu merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang