3-cara-praktis-agar-rasa-pedas-di-mulut-cepat-hilang

Makanan pedas menjadi salah satu makanan favorit kebanyakan orang, mulai dari wanita, pria, anak-anak, remaja hingga dewasa sekalipun, apalagi makanan pedas dengan bumbu rempah seperti kari, wah makin mantap deh. Beberapa orang berpendapat bahwa makanan pedas itu tidak sehat, tapi sejauh ini banyak penelitian yang membuktikan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan pedas.

Seperti salah satu penelitian yang dilakukan para ahli di Ruhr University Bochum, Jerman yang menemukan bahwa kari pedas dipercaya bisa mencegah risiko kanker payudara dan menekan pertumbuhan sel tumor. Nutrisi dan zat aktif yang terkandung di dalam cabai serta rempah-rempah merupakan pembunuh dari berbagai penyakit khususnya kanker.

Rasa dan sensasi pedas yang dirasakan saat makan makanan pedas secara tidak langsung membuat hormon dalam tubuh berubah. Keringat yang di keluarkan tubuh selama merasakan sensasi pedas bertanggung jawab mengurai sel-sel berbahaya termasuk sel kanker. Selain rasa pedas, peran aktif zat antioksidan dalam rempah-rempah seperti kunyit, jahe dan lengkuas pada bumbu kari bisa mencegah berbagai risiko penyakit mematikan menyerang.

Selain itu, kunyit yang terkadung dalam makanan kari pedas dipercaya mampu mencegah dan mengobati risiko jantung, diabetes serta gangguan sistem pencernaan. Jahe dan lengkuas sendiri bisa mencegah risiko obesitas dan mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara bumbu rempah seperti pala, merica, bawang merah dan bawang putih berperan aktif dalam menstabilkan gula darah maupun tekanan darah.

Nutrisi yang terkandung dalam masakan kari pedas sangat bermanfaat untuk mencegah kanker jika dikonsumsi secara rutin. Dikutip dari vemale.com Prof Hanns Hatt, seorang peneliti yang mempublikasikan tulisannya di journal Breast Cancer menyebutkan, “Penelitian ini menemukan ada banyak senyawa aktif pembunuh sel kanker dalam rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan kari. Konsumsi kari bisa jadi cara mudah mencegah maupun mengobati kanker. Kami akan terus melakukan penelitian ini lebih lanjut.”

Tapi meskipun sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kari pedas mampu mencegah kanker, kita harus tetap menjaga pola hidup sehat agar resiko kanker dapat ditekan karena ada beberapa senyawa dan zat di dalam masakan ini yang memiliki efek samping buat kesehatan. Kekuatan sistem kekebalan tubuh setiap orang yang berbeda juga menjadi kendala kenapa masakan kari pedas tidak sepenuhnya mencegah risiko kanker.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cara Alamiah Menurunkan Berat Badan yang Sudah Pasti Efektif dan Tak Bahaya

Menurunkan berat badan bisa jadi sebuah perjuangan yang