Melahirkan tentu menjadi momen yang tidak akan pernah bisa terlupakan bagi seorang wanita. Ya, setelah berjuang berbulan-bulan bersama sang janin di perut, akhirnya sang bayi yang ditunggu pun akhirnya keluar. Namun tugas pastinya belum usai karena kamu harus melanjutkan untuk menyusui sang bayi. Bukan hanya itu saja, kamu juga sudah mulai berpikir dan menata diri bagaimana caranya agar tubuh bisa kembali seperti semula.

Katanya sih menyusui menjadi diet termudah para wanita karena dengan menyusui maka berat badan akan bisa menyusut dengan lebih cepat lantaran disedot sang bayi. Namun, tidak semua wanita merasakan hal demikian karena berbagai macam faktor. Jika memang kamu ingin tetap menyusui, ternutrisi tapi juga sambil diet, maka makanan diet berikut ini bisa naikkan produksi ASI kamu lho.

Sayur hijau untuk jaga daya tahan tubuh dari ibu dan bayi

Jika membicarakan tentang diet, maka makanan yang tidak akan bisa dilepaskan dari aktivitas diet tentunya adalah sayuran. Secara spesifiknya, yang direkomendasikan untuk para busui adalah sayuran hijau dimana penuh dengan gizi yang baik. Mengingat sayur hijau kaya dengan antioksidan, maka manfaat untuk ibu dan bayi pun maksimal. Beberapa sayur hijau yang direkomendasikan misalnya bayam, buncis, brokoli, daun katuk dan lainnya. Sayur hijau mengandung banyak vitamin A, C hingga zat besi yang mampu menjaga daya tahan tubuh dari Ibu dan bayi. Sayur hijau pun juga rendah kalori sehingga untuk diet pasti cocok banget.

Madu sebagai pemanis alami

Untuk menggantikan gula yang tidak diperkenankan bagi para pelaku diet, maka kamu bisa menggantinya dengan madu ladies. Madu memang menjadi pemanis alami dan juga punya manfaat kesehatan. Madu bahkan kerap dipakai untuk obat alami bagi sakit tenggorokan hingga demam. Ketika kamu ingin minum minuman manis, maka buatlah minuman dengan madu karena bukan hanya enak tapi juga menstimulasi produksi ASI.

Beras merah yang rendah kalori dan tinggi serat

Banyak ibu menyusui yang merasakan nafsu makan tinggi dan kurang bisa terkontrol. Namun, jika makan dengan jumlah tidak terkontrol pastinya akan langsung berpengaruh pada timbangan yang terus menerus menuju ke kanan. Makan nasi itu boleh kok, tapi asal tahu porsi tepatnya. Untuk bisa menjadi solusi, maka ganti saja nasi putih yang kamu biasa santap dengan nasi merah. Kandungan kalorinya rendah, tapi seratnya tinggi sehingga menjadikan busui lebih penuh energi. Asupan kalorinya pun juga menjadikan produksi ASI maksimal.

Kacang-kacangan penuh zat besi

Kamu juga bisa turunkan berat badan meski dalam kondisi menyusui tanpa khawatir produksi ASI. Caranya adalah dengan konsumsi kacang-kacangan. Kacang hitam dan kacang merah adalah yang paling direkomendasikan karena kandungan zat besinya yang tinggi serta bisa tingkatkan produksi ASI. Kacang-kacangan bisa dijadikan camilan saat santai misalnya saja kacang almond, kacang kedelai, kacang hijau dan lainnya.

Tambah susu rendah lemak dalam memenuhi gizi harian

Produk susu yang rendah lemak juga bisa kamu pilih untuk memenuhi gizi harian kamu meski sedang diet. Vitamin D dan kalsium di susu sangat bagus kamu konsumsi agar ASI maksimal, tapi berat badan tetap terkontrol.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/tips-turunkan-berat-badan-setelah-menyusui/

http://www.tampilcantik.com/kecilkan-kembali-ukuran-perut-usai-melahirkan-dengan-cara-ini/

http://www.tampilcantik.com/untuk-para-mama-muda-inilah-inspirasi-gaya-busana-pasca-melahirkan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Turun Juga? Coba Cara Tradisional Yuk!

Berat badan kerap menjadi masalah pelik untuk sebagian