Beberapa orang suka menghabiskan waktu sendiri, sementara orang-orang lain akan lebih suka menghabiskan waktu bersama orang lain sepanjang waktu. Meskipun bersosialisasi itu menyenangkan, kadang perlu untuk menghabiskan waktu bersama. Jika kamu adalah seseorang yang selalu merasa kesepian, kamu mungkin selama ini mencari-cari cara untuk merasa baik-baik saja saat sendirian. Memang, bisa jadi hal yang sulit untuk menghabiskan waktu sendirian, namun dengan trik dan tingkah laku mental yang tepat, kamu bisa membuatnya jauh lebih mudah. Siapa tahu kamu mungkin juga akan menikmatinya.

Begini caranya agar kamu tidak selalu merasa kesepian saat sendirian.

Lepaskan diri dari media sosial

Mungkin ini terdengar tidak sesuai dengan intuisi, tetapi melepaskan diri dari media sosial bisa membantumu menghilangkan rasa kesepian itu. Riset menunjukkan bahwa orang-orang yang secara pasif mengonsumsi banyak sekali media sosial cenderung merasa kesepian dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Ini dikarenakan media sosial, seperti Facebook, cenderung menunjukkan orang-orang saat pada masa-masa terbaiknya, seperti ketika liburan atau menghabiskan waktu dengan teman dan kelaurga. Ini bisa memberi ilusi bahwa setiap orang selalu sedang bersenang-senang kecuali kamu, dan ini tidak benar.

Habiskan waktu di alam

Ada alasan mengapa banyak seniman dan penulis menghabiskan waktu mengisolasi diri sendiri di alam bebas. Pergilah keluar dan perhatikan baunya, sensasinya, dan pemandangan di sekiitarmu. Mengijinkan indera-inderamu untuk terbanjiri apa yang ada di sekitarmu adalahs ebuah cara fantastik untuk bisa menikmati hari ini. Ini akan mengurangi kesepian, karena kesepian menarik pikiranmu dari masa kini dan ke masa lalu… atau ke masa depan (yang bisa membuatmu menjadi cemas jika kamu khawatir sendirian).

Lakukan sesuatu yang baru

Temukanlah sesuatu yang bisa dilakukan di waktu luangmu yang bisa membantumu sibuk dan terdistraksi. Jika sendirian membuatmu merasa begitu bosan selain merasa kesepian, ini waktunya untuk melakukan eksplorasi dan menemukan hobi atau ketertarikan yang bisa dilakukan sendirian.Kamu mungkin akan merasa senang merajut, berkebun, melukis, atau bermeditasi. Setelah kamu menemukan ketertarikan baru yang benar-benar membuatmu bersemangat, kamu mungkin bahkan akan merasa senang sendirian dan menunggu-nunggu waktu seperti ini.

Tantang pikiran-pikiranmu

Menantang pikiran-pikiran yang menakutkan, tidak mendukung, dan terlalu kritis pada diri sendiri yang ada bida membantumu menjadi lebih tahan banting terhadap perasa kesepian. Jika kamu merasa kesepian karena kamu mengira kamu sendirian dan tidak ada yang ingin menghabiskan wktu denganmu, maka tantanglah pikiran ini dengan yang lebih suportif. Ini akan membantumu merasa bahwa kamu tidak harus mencari orang lain untuk menjadi lengkap. Kamu sendirian karena itulah yang kamu pilih untuk dirimu sendiri saat ini sekarang.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Miliki Tubuh Indah Ala Supermodel Gigi Hadid dengan Tips Diet Berikut Ini

Tubuh indah bak model seolah sudah menjadi standar