fish-oil

Selain untuk menjaga kesehatan, ternyata banyak kegunaan lain dari minyak ikan. Salah satunya adalah kehebatan manfaatnya bagi kecantikan.

Ikan tuna, salmon dan kod termasuk dalam ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi di dalam minyaknya.

Minyak ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Minyak yang kaya akan asam omega 3 ini ampuh untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain untuk kesehatan, berikut manfaat minyak ikan untuk kecantikan.

Kulit lembut dan kurangi keriput

Daily Mail pernah melakukan uji coba memakai minyak ikan satu bulan. Minyak ikan Kod yang sudah dikemas (bentuk kapsul) ternyata dapat membuat kulit menjadi lembut. Tak hanya itu, setelah digunakan secara rutin, ternyata keriput halus di wajah dapat berkurang.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar vitamin A dan D serta omega 3 yang dapat mencegah kulit dari dehidrasi dan kerusakan akibat sinar UV.

Ingin mencobanya? Mudah saja. Kamu tinggal mengganti pelembap harian dengan minyak ikan. Ratakan ke seluruh wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Beri pijatan lembut pada permukaan wajah.

Meminum satu kapsul dalam sehari juga dapat membantu mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kondisi tubuh sebelumnya cenderung kekurangan vitamin A, asam lemak omega 3 dan vitamin D.

Mengaplikasikan dan mengonsumsi minyak ikan dapat memperbaiki hidrasi dan kekenyalan kulit. Juga melindungi sel-sel dalam kulit dan meningkatkan elastisitas.

Mengatasi rambut rontok

Jika tubuh kamu diibaratkan sebagai mesin, mengonsumsi minyak ikan sama dengan menambahkan oli yang memperlancar kerja mesin. Itu kata pakar facial Ildi Pekar.

Tak mengherankan jika Huffington Post menulis, kekurangan nutrisi dan asam lemak –yang ada di dalam minyak ikan– dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu warnanya cepat berubah, uban pun muncul.

Karenanya, bagi kamu yang memiliki permasalahan tersebut, atau sedang berusaha mencegahnya, mengonsumsi minyak ikan dapat membantu mengurangi kerusakan pada rambut.

Ulasan My Vitamins menyebutkan hal senada. Omega 3 sangat baik untuk membantu kembali pertumbuhan rambut yang rontok dan membuatnya lebih sehat dan kuat.

Pun demikian, baiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter. Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi minyak ikan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Sakit perut, diare, dan rentan memar atau mengalami pendarahan. Itu kata penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Academy of Dermatology pada 2012.

Kuku lebih kuat

Hasilnya memang tak dapat kamu lihat secepat pada kulit wajah. Karena kuku hanya tumbuh beberapa sentimeter setiap bulan.

Namun, rutin mengonsumsi minyak ikan ternyata dapat membantu memperkuat kuku rapuh. Biasanya kuku rapuh dan rusak karena kurangnya kelembapan.

Dengan konsumsi minyak ikan secara rutin, kuku kamu akan lebih ternutrisi. Kuku menjadi lembap sehingga tak ada lagi kutikula yang mengering dan kuku yang rapuh.

 

Dr Frank Lipman spesialis pengobatan integratif dan direktur pusat kesehatan Eleven Eleven Wellness Center memberi saran memilih minyak ikan berkualitas prima.

Baca juga Cerahkan Kulit Wajah Dengan Masker Ampuh Yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tahu Ngak Sih Ternyata Salad Buah Itu Dapat Membantu Perawatan Kulitmu Lho

Sudah bukan rahasia jika buah memiliki banyak sekali