n-aging-628x314

Penyesalan adalah emosi terburuk yang bisa dialami oleh seseorang. Studi menyatakan bahwa ada beberapa hal umum yang menjadi hal paling banyak yang disesalkan oleh manusia di usia senja mereka. Hal ini disampaikan oleh Bronnie Ware, seorang perawat pusat perawatan paliatif yang sudah bekerja selama bertahun-tahun. Berikut perasaan menyesal yang dirasakan oleh banyak orang di usia senja mereka. Yuk simak agar kita dapat mengambil pelajaran dari hal tersebut dan menjadi manusia lebih baik hari demi hari.

“Andai saja saya berani mengekspresikan diri.”

happy-single-woman

Cobalah untuk menyadari potensimu. Jadilah yang terbaik, atau setidaknya, berusaha yang terbaik agar kamu tidak menyesal nantinya. Karena kebanyakan orang merasa bahwa dirinya bisa menjadi lebih dari pada apa yang selama ini dia jalankan. Hal ini terjadi karena mereka tidak menjadi diri sendiri dan terlalu menjaga perasaan orang lain.

“Saya harap saya tidak bekerja terlalu keras.”

workaholic

Hal ini kebanyakan diungkapkan oleh pria, namun ada juga wanita yang mengucapkan penyesalan sejenis ini. Penyesalan karena bekerja terlalu keras dan tidak meluangkan banyak waktu untuk teman, orangtua, keluarga, sampai diri sendiri ini baru mereka rasakan di usia senja ketika segala sesuatu telah lewat jauh.

“Saya berharap lebih berani untuk hidup dengan apa yang saya harapkan, bukan hidup dalam ekspektasi orang lain.” 

Happy woman jumping on blossom meadow. Beautiful day on field.

Ini adalah penyesalan yang paling banyak dirasakan oleh seseorang. Kebanyakan orang, menerawang hidupnya ketika di usia senja dan menemukan betapa banyak mimpi yang telah lewat dan harapan yang tidak genap. Hal tersebut kembali pada pilihan yang mereka buat.Tapi, kamu bahkan tidak ingin mimpi-mimpimu lewat begitu saja sekaligus merasa menyesal, kan? Untuk itu, setiap hari cobalah untuk mengingat mimpimu dan tanyakan pada dirimu sendiri, apakah hari ini kamu hidup untuk memenuhi ekpektasi orang lain atau benar-benar menjadi dirimu sendiri dan mengejar impianmu?

“Seharusnya saya tetap berkomunikasi dengan teman-teman saya.”

n-friends-brain-628x314

Saat menjelang ajal, hal mengenai kecenderungan untuk mulai mementingkan pekerjaan dibandingkan teman lama menjadi penyesalan besar bagi mereka. Mereka akan menyadari pentingnya untuk tetap berhubungan dan berkomunikasi dengan teman lama justru ketika mereka telah menginjak usia senja dan telah sangat lama tidak menghubungi teman-teman lama mereka. Makadari itu, mulai saat ini rutinlah menghubungi dan menanyakan kabar mereka. Kamu bisa mengecek keberadaan atau kontak mereka lewat media sosial dan hubungi sahabat lamamu.

“Saya menyesal karena tidak membiarkan diri saya untuk bahagia.”

Smiling woman drinking coffee at sidewalk cafe

Masih banyak sekali orang ketika sudah di usia senja, yang tidak menyadari bahwa  bahagia adalah pilihan. Mereka tersadar di penghujung usia dan menyesali mengapa mereka cenderung memilih untuk berada di zona nyaman dan tak ingin mengalami perubahan kebiasaan baru yang bisa membawa mereka pada hal-hal baru juga. Mereka akan sadar bahwa hidup yang mereka jalani selama ini bukan kebahagiaan yang betul-betul mereka inginkan.

Yuk, introspeksi dan berbenah sebelum semuanya terlambat menjadi penyesalan!

Baca juga Bukan Sekedar Kebiasaan Buruk, Apabila Kamu Selalu Melakukan Hal Ini Artinya Kamu Orang Yang Tidak Bahagia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mau Beli Sport Bra? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini Biar Nggak Salah Pilih

Sport bra mungkin adalah salah satu item yang