Image result for sehat saat musim hujan

Musim hujan  adalah musim yang mendinginkan lingkungan setelah cuaca panas dan lembab serta membawa infeksi pada saat yang bersamaan. Jadi, di sini kita akan membahas cara merawat kesehatan kamu  selama musim hujan. Musim hujan mengundang banyak masalah kesehatan dan kita cenderung menjadi lebih rentan terhadap efek berbahaya musim hujan. Kemungkinan penyakit yang terbawa air seperti tifoid, demam virus, infeksi gastrointestinal, diare, tifus, dan disentri terus meningkat selama waktu ini.

Selama musim ini, ada peningkatan pertumbuhan kuman dan bakteri berbahaya dan ini meningkatkan kemungkinan infeksi dan penyakit. Dan masalah kesehatan yang paling umum terlihat selama musim hujan adalah infeksi saluran pernafasan, dan juga flu.

Apa itu Diet Selama Musim Hujan?

Selama musim hujan, seseorang tidak boleh mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan berminyak di pinggir jalan karena hal ini menimbulkan infeksi perut. Waktu musim hujan, orang biasanya menderita gangguan pencernaan, karena bakteri yang terbawa udara sangat aktif selama waktu ini dan dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh kamu  melalui makanan yang kamu makan. Jadi, inilah yang harus kamu  lakukan selama musim hujan:

# Buah-buahan

Konsumsilah  jumlah buah yang cukup selama musim ini. Buah-buahan akan menjaga tubuh kamu  sehat karena mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang akan meningkatkan sistem kekebalan kamu  membuat kamu  kurang rentan terhadap penyakit. Jadi, konsumsilah buah-buahan seperti apel, mangga, buah delima, dan pir.

# Tingkatkan Imunitas Kamu

Jika kekebalan tubuh kamu  rendah, ada kemungkinan kamu  jatuh sakit dan terkena infeksi dan penyakit yang terbawa air dengan mudah. Jadi, tingkatkan kekebalan tubuh kamu dengan menambahkan bawang putih ke dalam minyak selagi panas, sambil menyiapkan sup.

# Memiliki Makanan Kering

Sangat disarankan agar kamu  tidak menjangkau makanan berair selama musim hujan seperti jus buah, buah potong yang tersedia di luar di jalanan. Sebaliknya pergi untuk makanan kering seperti kacang, jagung, dll. Karena mengonsumsinya  terlalu banyak makanan berair selama musim hujan akan menyebabkan gangguan pencernaan dan infeksi.

# Meningkatkan Konsumsi Sayuran Pahit

Dalam makanan kamu, masukkan sayuran pahit seperti labu pahit, pare, dll. Hal ini berfungsi ntuk menghindari infeksi kulit dan alergi. Kamu  akan mendapatkan sebagian besar manfaat jika kamu  mengkonsumsinya dalam bentuk rebus, jika kamu  tidak suka setelah direbus, goreng dengan sedikit minyak untuk menambah rasa. Dan dengan menambahkan sayuran pahit dalam diet kamu  akan menyingkirkan infeksi kulit.

# Rebus Susu

Selama musim hujan, lebih baik menghindari susu dan mengonsumsi bentuk-bentuk susu lainnya dalam bentuk padat seperti permen atau yogur. Jika kamu  suka minum susu dan tidak bisa tanpa meminumnya, rebus susu hingga 100 derajat Celcius . Ini akan menjauhkan kamu  dari kuman berbahaya yang mungkin menyerang tubuh kamu.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet Mudah Untuk Pekerja Kantoran

Tips Diet Mudah untuk Pekerja Kantoran yang Bisa